Membangun Strategi Pemasaran Online Dalam Produk Umkm Sebagai Solusi Menghadapi Situasi Pandemi Covid 19 di Desa Cinanjung

Authors

  • Dimas Rizki Anugrah Putra Hukum Pidana Islam, Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ghina Rizkiana Ilmu Komunikasi Humas, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Zulvan Jamalu Ramadhan Manajemen Keuangan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sha’fiyah Az Zahra Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sintari Ihsani Ilmi Dina Amalia Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Covid-19, pemasaran,, e-commerce, shopee

Abstract

Dimasa pandemi Covid-19, aktivitas masyarakat menjadi terbatas. Hal ini mengakibatkan terjadinya penurunan di sektor ekonomi, salah satu daerah yang terkena dampaknya yaitu Desa Cinanjung. Dilihat dari menurunnya pendapatan masyarakat dan kurangnya pemahaman masyarakat mengenai pemasaran online. Oleh karena itu, kami menyusun program kerja berupa sharing pemasaran online yang bertujuan untuk berbagi pengalaman sekaligus ilmu pemasaran online kepada pemuda-pemudi sebagai solusi menghadapi pandemi Covid-19, dalam meningkatkan dan memperluas jangkauan pemasaran produk UMKM Desa Cinanjung. Hasil dari kegiatan tersebut dapat dilihat hasil pre-test maupun post-test dengan meningkatnya pengetahuan dalam teknis menjalankan e-commerce di Aplikasi Shopee dan bagaimana cara memasarkan produk BUMDes yang menarik. Sehingga program kerja yang kami lakukan ini dapat dikatakan berhasil. 

References

Armadi, I. (2020). Analisis Peran Pemuda Dalam Pembangunan Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa (Studi Di Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten …. Iuris Studia: Jurnal Kajian Hukum, 1, 144–151. http://jurnal.bundamediagrup.co.id/index.php/iuris/article/view/41

Hamid, A. A., Zubaedah, L. M., Irawan, A., & Nurselvy. (2021). Penyuluhan Strategi Pemasaran Online Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 Dikelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. Jurnal Abdimas, 46-56.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran: Jilid 1 dan 2. edisi Kedua belas. Erlangga. Jakarta.

Lidwina, A. (2021, Juni 4). Penggunaan E-Commerce Indonesia Tertinggi di Dunia. Retrieved from databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/04/penggunaan-e-commerce-indonesia-tertinggi-di-dunia

Munawar, Kholil. 2009. E-commerce. http://staff.uns.ac.id.

Muzdalifah, L., Novie, M., & Zaqiyah, S. (2020). Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju UMKM Go-Digital di Era Pandemi Covid 19 dan Era New Normal Bagi Pelaku UMKM Sidoarjo. Seminar Nasional Sistem …, 2200–2208. https://www.jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/296

Riyanto, G. P. (2021, Mei 10). Daftar 10 Marketplace Online Paling Ramai Pengunjung di Asia Tenggara. Retrieved from Kompas: https://tekno.kompas.com/read/2021/05/10/15270037/daftar-10-marketplace-online-paling-ramai-pengunjung-di-asia-tenggara?page=all.

Setiawan, T. F., Suharjo, B., & Syamsun, M. (2019). Strategi Pemasaran Online UMKM Makanan (Studi Kasus di Kecamatan Cibinong). MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13(2), 116. https://doi.org/10.29244/mikm.13.2.116-126

Suyanto, B. (2013). Sosiologi Ekonomi : Kapitalisme dan Konsumsi di Era Masyarakat Post Modernisme. Jakarta: Kencana prenada media group

Wany, E. (2010). Jurnal Akuntansi. AKRUAL Jurnal Akuntansi, 2(1), 20–42.

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Putra, D. R. A., Rizkiana, G. ., Ramadhan, M. Z. J. ., Az Zahra , S. ., & Amalia , S. I. I. D. . (2022). Membangun Strategi Pemasaran Online Dalam Produk Umkm Sebagai Solusi Menghadapi Situasi Pandemi Covid 19 di Desa Cinanjung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(48), 136=151. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/903

Issue

Section

Articles