Interaksi Masyarakat Dusun Mulyasari Dalam Menanggulangi Sampah

Authors

  • Asep Saepullah Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Perubahan Sosial, Modernisasi, Pola Interaksi Sosial

Abstract

Perkembangan teknologi dan Modernisasi di zaman sekarang ini semakin cepat dan semakin canggih. Pemanfaatan teknologi tersebut dapat membantu dan bermanfaat dalam segala hal. Baik itu dalam hal membantu mencari nafkah maupun mencari informasi dan mencari hiburan. Dan hal tersebut dapat memunculkan terjadinya perubahan sosial dan perilaku masyarakatnya. Perubahan sosial merupakan suatu hal yang penting di dalam kehidupan masyarakat. Karena adanya modernisasi dan Perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat dapat menjadi satu kesatuan yang kuat dan terciptanya solidaritas sosial. Rusaknya solidaritas sosial di dalam masyarakat menimbulkan individual anggota di dalam masyarakat yang merusak kerukunan dan keharmonisan dalam bermasyarakat. Sehingga menciptakan pola interaksi antar warga masyarakat sehingga menimbulkan sikap solidaritas.

References

Lp2M. 2019. Panduan KKN Sisdamas. Bandung: Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Soekanto, Soerjono. Sosiologi Sebuah Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers, 1986

Shadily, Hasan. 1963. Sosiologi Untuk Masyarakat Indonesia. Jakarta, PT. Pembangunan.

Haryo,B.K., Rosa, M.N., & Alfin, E. 2020. Membangun Kesadaran Masyarakat dalam Menata Lingkungan yang Asri, Nyaman dan Sehat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri). Vol.04 No.1.

Insani, I., Santoso, B.M. 2019. Edukasi Sanitasi Lingkungan dengan Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Kelompok Usia Prasekolah Di Taman Asuh Anak Muslim Ar-Ridho Tasikamalaya. Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol.6 No.3.

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Saepullah, A. . (2022). Interaksi Masyarakat Dusun Mulyasari Dalam Menanggulangi Sampah. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(48), 77–86. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/897

Issue

Section

Articles