Pentingnya Pembentukan Karakter Terhadap Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid 19

Authors

  • Ajeng Dwi Septiani Prodi Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Alfani Wanda Prodi Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Laili Rachmawati Prodi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mochamad Yanuar Prodi Manajemen Keuangan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Saufynna Ruhadyah Prodi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ida Yusidah Prodi Agroteknnologi, Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Kuliah Kerja Nyata, Pembentukan Karakter, Anak Usia Dini

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelurahan Pasirbiru bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyakat oleh mahasiswa membantu dalam hal pembentukan karakter anak usian dini terhadap kualitas pendidikan dimasa pandemi Covid-19. Pelaksanaan KKN-DR dilaksanakan dengan sasaran anak-anak usia dini di wilayah RW 01 dan RW 12 Kelurahan Pasirbiru Kecamatan Cibiru. Melihat kondisi wilayah kelurahan Pasirbiru selama pandembi Covid-19, perlu lebih ditingkatkan kesejahteraan yang berhubungan dengan protokol kesehatan, vaksinasi, serta pendidikan karakter yang bertujuan untuk meningkatkan kegiatan dalam mengajar dan pemahaman masyarakat pasirbiru selama pandemi Covid-19. Metode yang digunakan mahasiwa dalam hal memberikan pengarahan pentingnya pembentukan pendidikan karakter terhadap kualitas penididkan anak usia dini di masa pandemi Covid-19 dengan menggunakan metode bermain, metode bercerita, dan pembiasaan efektif. Keberhasilan mahasiwa dalam mengarahkan pentingnya pembentukan pendidikan karakter terhadap kualitas penididkan anak usia dini di masa pandemi Covid-19 dilihat dari hasil indikator dan alat ukur keberhasilan 85,5% (sangat benar) dengan cara menyebarkan kuesioner kepada para orang tua anak usia dini di Kelurahan Pasirbiru khususnya RW 01 dan RW 12

References

Azhar, Khoirul, and Izzah Sa’idah. 2017. “Studi Analisis Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Mengembangkan Potensi Nilai Moral Peserta Didik Di MI Kabupaten Demak.” Jurnal Al-Ta’dib 10.

Ida Windi Wahyuni, and Ary Antony Putra. 2020. “Kontribusi Peran Orangtua Dan Guru Dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5. doi: 10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4854.

M. HIdayat Ginanjar. 2013. “Keseimbangan Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Karakter Anak.” Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islami 02.

Novan Ardy Wiyani. 2017. “Perencanaan Strategik Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Di TK Islam Al-Irsyad Purwokerto.” Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak 3.

Jauharotur Rihlah,Ulufiyatul Kamilah,Destita Shari. 2020. "Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19" PAUD Lectura: JurnalPendidikan Anak Usia Dini, Vol 4No1

Downloads

Published

2022-02-03

How to Cite

Septiani, A. D., Wanda, A., Rachmawati, L., Yanuar, M., Ruhadyah, S., & Yusidah, I. (2022). Pentingnya Pembentukan Karakter Terhadap Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid 19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(46), 200–223. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/873

Issue

Section

Articles