Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Siswa Paud Tarbiyatul Wildan Di Desa Wibawamulya Pada Masa Pendemi Covid-19

Authors

  • Aida Amalia Fatiha Program Sarjana Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Asri Ivo Program Sarjana Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Asyavira Mahardini Putrie Program Sarjana Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Salwa Salsabila Prodi Pendididikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Widyawati Widyawati Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

COVID-19, pendidikan, PAUD

Abstract

Sejak pandemi COVID-19, jumlah peserta didik di PAUD Tarbiyatul Wildan berkurang cukup drastis. Pengabdian ini bertujuan untuk mengatasi dampak COVID-19 terhadap PAUD Tarbiyatul Wildan dengan cara meningkatkan kualitas pembelajaran. Program kerja yang dilaksanakan di PAUD Tarbiyatul Wildan adalah program pendidikan dan pembelajaran anak usia dini, penyuluhan mengenai pola asuh kepada orang tua peserta didik, dan perbaikan sarana dan prasarana. Observasi dan wawancara dilakukan pada tahap persiapan untuk mengetahui permasalahan yang terjadi. Beberapa metode pembelajaran diterapkan di PAUD Tarbiyatul Wildan, yaitu belajar sambil bermain, bernyanyi, dan bercerita. Hasil yang didapat dari kegiatan ini adalah meningkatnya semangat belajar pada siswa dan bertambahnya pengetahuan orang tua mengenai pola asuh. 

References

Darajat, Z. 1982. Perawatan Jiwa Anak. Jakarta: N.V. Bulan Bintang.

Dian Ratu, A. U. K., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41-48.

Feeny, Stephanie et. al. (2006). Who Am I In The Lives of Children? (7th ed). USA: Merril Prentice-Hall, Inc.

Gordon. (2000). Parent Effective Traing: The Proven Program for Raising Responsible Children. New York: Random House Inc.

James, M. (2002). It’s Never Too Late to Be Happy. Massachusetts: Addison-Wesley Publishing Company, Inc.

Maryatun, I, B. (2016). Peran Pendidikan PAUD dalam membangun karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).

NEST TEAM. (2007). Modul Perkembangan Anak untuk PAUD. Jakarta: Dir. PAUD, Kemendiknas.

Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014. (n.d.). Salinan Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Santrock, J. W. (2007). Child Development. Edisi Kesebelas Jilid 1 Terjemahan Mila Rahmawati dan Anna Kuswanti. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Santrock, J. W. (2009). Life-Span Development (12th ed.). New York: McGraw Hill.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudrajat, C. J., Agustin, M., Kurniati, L., & Karsa, D. (2021). Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 508–520.

Sulhan Najib. (2006). Pembangunan Karakter Pada Anak. Surabaya: Intelektual Club.

Sunarty, K. (2016) Jurnal of EST: Hubungan pola asuh orang tua dan kemandirian anak. Vol. 2. No. 2. 2477-3840.

Supriadi, O. (2021). Peranan kepala PAUD dalam penyelenggaraan Pendidikan sebelum dan saat terjadi pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), 5(1), 2549-8959.

UU No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Visimedia

Published

2022-02-09

How to Cite

Amalia Fatiha, A. ., Ivo , A. ., Mahardini Putrie, A. ., Salsabila, S. ., & Widyawati, W. (2022). Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Siswa Paud Tarbiyatul Wildan Di Desa Wibawamulya Pada Masa Pendemi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(49), 55–66. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/866

Issue

Section

Articles