Pemberdayaan Potensi Masyarakat di Bidang Pendidikan, Kebudayaan, dan Kesehatan dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Kampung Cisalatri, Bandung

Authors

  • Ahmad Ari Sonhaji Prodi Studi Agama – Agama, Fakultas Ushuluddin, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Odang Odang Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

mahasiswa, masyarakat, Penelitian

Abstract

Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi agar dapat mencetak mahasiswa yang berkualitas yang dapat mengkorelasikan ilmu yang didapatkan dengan realitas masyarakat. Pelaksanaan KKN-DR dilaksanakan dengan dasar Tridharma perguruan tinggi yang mana pengabdian pun perlu di implementasikan setelah pendidikan dan penelitian dilaksanakan. Pelaksanaa KKN tahun 2021 satu adalah kegiatan KKN DR dimana dalam KKN ini mahasiswa melakukannya secara dalam ruangan atau daring di daerah sekitar yang lebih strategis dengan mahasiswa untuk melakukan segala aktivitas yang dapat memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat. Pandemi covid-19 merupakan peristiwa menyebarnya penyakit dan hal ini menjadikan ada sedikit banyaknya perubahan yang akan dialami setiap individu. Indonesia merupakan salah satu negara yang terdampak. Hal ini menjadikan banyak peraturan atau kebijakan baru yang dicanangkan oleh pemerintah mulai dari sekolah dari rumah (daring), patuhi 3M, jangan berkerumun dan hal lainnya berdampak pada sektor pendidikan, sosial budaya dan kesehatan dan lingkungan di Kp. Cisalatri seperti pembelajaran dari rumah yang kurang efektif digunakan karena membuat murid menjadi jenuh dan seringkali mendapatkan lebih banyak tugas melebihi seperti biasanya yang menjadikan kesibukan individual dan melupakan beberapa kehidupan sosial anak seperti permainan tradisional yang mulai terlupakan dan kesehatan yang mulai terabaikan membuat penulis untuk menggali lebih jauh mengenai permasalahan dan potensi lannya yang dimiliki untuk menghasilkan sebuah penelitian yang relevan.

 

References

Dikti, 1996

Koentjaraningrat.1983. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta : Aksara Baru.

Raka Joni, T., Strategi Belajar- Mengajar, Sesuatu Tujuan Pengantar. Jakarta: P2LPTKDepdikbud, 1985

Undang- undang RI Nomor. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pembelajaran Nasional. Depdiknas, 2003

Undang-undang NO. 23 tahun 1992

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Ari Sonhaji, A. ., & Odang, O. (2022). Pemberdayaan Potensi Masyarakat di Bidang Pendidikan, Kebudayaan, dan Kesehatan dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Kampung Cisalatri, Bandung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(49), 44–54. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/865

Issue

Section

Articles