Optimalisasi Antusiasme Masyarakat Melalui Kegiatan Keagamaan Rutin di Desa Pasanggrahan

Authors

  • Aam Ambarwati Perbandingan Madzhab dan Hukum, Fakultas Syari’ah dan Hukum, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Alwan Lukman Maulana Program Studi Hukum Keluarga, Fakultas Syari'ah dan Hukum, UIN Sunan Gunung Djati
  • Sri Purnamasari Program Studi Perbandingan Madzhab dan Hukum, Fakultas Syari'ah dan Hukum, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ummu Shafia Muthmainah Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Zaenal Mufti UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Keagamaan, Pengajian, Pendidikan

Abstract

Aktivitas sosial keagamaan di Desa Pasanggrahan tidak hanya dipandang sebagai tempat shalat saja, akan tetapi juga memberdayakan umat. Masjid merupakan tempat yang strategis untuk menggerakan dakwah, dan juga pusat pengembangan umat, pusat informasi dan mengembangkan ilmu pengetahuan pendidikan dan pelatihan dan kegiatan yang besifat sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kegiatan pengajian rutin, kegiatan peringatan hari besar Islam dan mengajar anak-anak mengaji. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan cara menjabarkan fakta dan gejala yang ada dilapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kegiatan pengajian rutin berjalan dengan baik, serta dapat menambah wawasan dan pengetahuan jama’ah (2). Program peringatan hari besar Islam dapat menambah dan meningkatkan hafalan siswa.  (3). Kegiatan mengajar anak-anak untuk menambah wawasan.

References

Hamali Syaiful (2011). Sikap Keamanan dan Pola Tingkah Laku Masyarakat Madani Al AdYaN/Vol.VI, N0.2/Juli-Desember/2011.

Handaka, Asep Agus, Dewanti, Lantun Paradhita, & Andhikawati, Aulia. (2021). Penyuluhan Budidaya Ikan dalam Ember (Budikdamber) di Desa Sukapura Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung, Farmers: Journal of Community Service, 2(1).

Iswadi (2019). Penguatan Nilai Keagamaan Bagi Kelompok Pengajian Remaja Di kelurahan Tanah Sirah Piai Nan xx ALFUAD JOURNAL, 3 (2), 2019, (76-84).

Putra Deka (2021). Aktivitas Sosial Religius Perspektif Pemberdayaan Di Masjid Agung Nurul Iman Kota Padang. AL MUNIR Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Volume 12 Nomor 01, Januari-Juni 2021, p. 54 – 61.

Setiyaningsih, Dewi dkk. (2020). Penerapan Sistem Budikdamber dan Aquaponik Sebagai Strategi dalam Memperkuat Ketahanan Pangan di Tengah Covid-19, Semnaskat, 198 – 207.

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Ambarwati, A. ., Maulana, A. L., Purnamasari, S., Muthmainah, U. S., & Mufti, Z. . (2022). Optimalisasi Antusiasme Masyarakat Melalui Kegiatan Keagamaan Rutin di Desa Pasanggrahan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(53). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/833

Issue

Section

Articles