Meningkatkan Mutu Pembelajaran dalam Manajerial di Madrasah (Studi Kasus Terhadap Anak-Anak Madrasah Nurul Jannah RW 03 Kelurahan Pasir Endah, Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung)

Authors

  • Silmi Safarah Program Studi HUkum Pidana Islam, Fakultas Syari'ah dan Hukum, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Abdul Syukur UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Membaca, Muslim, Pembelajaran

Abstract

Membaca, menulis serta memperlajari agama adalah kewajiban bagi setiap muslim maupun non-muslim. Untuk itu tentunya setiap insan manusia harus selalu diberi pemahaman-pemahaman yang baik secara matang agar terhindar dari hal-hal negatif. Oleh sebabnya manusia harus didik dengan sebaik mungkin sedari kecil dan sebagai orang muslim, tentu kita harus mendidik anak secara baik dan sedini mungkin agar dapat terhindar dari pemikiran radikal yang menjerumuskan pemahaman-pehaman yang negatif. Untuk itu dalam tahap proses pembalajaran pengajar harus tau apa yang dibutuhkan generasi sekarang yang tentu dalam praktikalnya harus mengerti psikologis atau kebiasaan anak-anak pada umumnya yang tentunya berbeda dari generasi- genarasi sebelumnya.

References

Bukhari. 2008. ‘Desain Dakwah Untuk Pembinaan Keagamaan Komunitas Elit Intelektual’. Ulumuna:Jurnal Studi Keislaman XII(2).

De Porter, Bobbi & Hernacki, Mike. 1992. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman, 35-40. Bandung: Penerbit Kaifa.

Langke, R. (2019). Pendidikan Keagamaan di Era Global. Jurnal Ilmiah Iqra', 58-59.

M, A. O. (2011). Kuliah Kerja Nyata Tematik Pos Pemberdayaan Keluarga Sebagai Model Pengabdian Masyarakat di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan , 565.

Mahmudi, A. (2009). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Siswa melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Universitas Negeri Yogyakarta.

Mirna Anggraini, d. (2021). Analisis Keberhasilan Siswa Didik dalam Pembelajaran Tematik melalui Daring pada Masa pandemi Covid-19di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3011-3013.

Roida Pakpahan, d. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknolohi Informasi dalam Pembelajaran JARAK JAUH DI TENGAH PANDEMI VIRUS CORONA COVID-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 30.

Supriadi, O. (2009). Pengembangan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 30-33.

Supriadi, S. &. (2020). Peningkatan Kemampuan Masyarakat Desa Jelantik dalam Menghadapi Pandemi Corona Virus Diseases-19 (Covid-19) . Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 12-17.

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Safarah, S. ., & Syukur, A. . (2022). Meningkatkan Mutu Pembelajaran dalam Manajerial di Madrasah (Studi Kasus Terhadap Anak-Anak Madrasah Nurul Jannah RW 03 Kelurahan Pasir Endah, Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung). PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(53). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/830

Issue

Section

Articles