Analisis Pengelolaan Kelas Terhadap Efektifitas Kegiatan Mengajar di Madrasah Diniyah Al Wahyu Cipaku

Authors

  • Ali Idrus Nurul Fajar Program studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rosita Rahayu Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Amung Ahmad Syahir Muharam UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Efektivotas, Pembelajaran, Pendidikan, Pengelolaan kelas

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting yang mesti didapatkan oleh seluruh individu, semakin baik kualiatas pendidikan yang didapatkan maka akan semakin meningkat pula kualitas bangsa dan negara. Sementara itu pendidikan bisa didapatkan salah satunya di kelas melalui kegiatan pembelajaran. Pembelajaran merupakan proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar dalam suatu lingkungan belajar atau kelas. Artinya untuk menentukan kualitas pendidikan yang baik itu dapat dimulai dari kelas melalui pengelolaan yang kelas yang baik maka siswa akan mendapatkan output yang baik pula. Penelitian ini akan membahas tentang pengaruh pengelolaan kelas terhadap keefektifitasan pembelajaran di MD Al Wahyu Cipaku. Hasil penelitian menemukan bahwa pengelolaan kelas sangatlah penting bagi keefektivitasan pembelajaran, mengelola dengan baik maka kegiatan pembelajaran juga akan berjalan dengan baik sehingga siswa dapat mencerna materi dengan baik.

References

Blatchford, P., & Russell, A. 2018. Class size, grouping practices and classroom management. Journal International of Educational Research.

Chandra, R., 2015. Classroom Management for Effective Teaching. International Journal of Education and Psychological Research (IJEPR), Vol 4.

Nuryanto, T., 2016. Pengelolaan Pembelajaran. Cirebon: IAIN Syekh Burjati Cirebon.

Suparno. 2000. Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah dalam Saukah, Ali dan Waseso, M.G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah, 40-74, Malang: UM Press.

UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.

Dwiloka, Bambang dan Rati Riana. 2012. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Fajar, A. I. N. ., Rahayu, R., & Muharam, A. A. S. (2022). Analisis Pengelolaan Kelas Terhadap Efektifitas Kegiatan Mengajar di Madrasah Diniyah Al Wahyu Cipaku. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(53). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/825

Issue

Section

Articles