Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Program Bimbingan Belajar di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Andini Mutiara Rahman UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Maulida Fitria UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Epa Paujiah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

bimbingan belajar, minat, pandemi

Abstract

Di masa pandemi saat ini banyak kegiatan yang dilakukan secara online, termasuk salah satunya yaitu kegiatan dalam bidang pendidikan. Melihat kondisi seperti ini, penulis ingin membantu siswa dalam memahami materi pelajaran di sekolah guna meningkatkan minat belajarnya melalui program bimbingan belajar agar siswa bisa tetap semangat dalam melaksanakan pembelajaran meskipun secara online. Kegiatan pengabdian ini dimulai dari tanggal 02 Agustus 2021 sampai dengan tanggal 31 Agustus 2021 di Desa Sirnasari Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Bogor. Bimbingan belajar ini dilaksanakan dari hari Senin - Sabtu pukul 10.00 – 11.00 WIB. Berdasarkan hasil survey, terlihat bahwa 100% siswa menjawab kegiatan bimbingan belajar tersebut dapat meningkatkan minat belajar mereka di masa pandemi. Dengan ini dapat diketahui bahwa kegiatan bimbingan belajar yang diadakan oleh mahasiswa KKN ini efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa di masa pandemi.

References

Mukaromah, dkk. 2020. Upaya Meningkatkan Minat Belajar Anak di Tengah Pandemi Covid-19 di Lingkungan Masjid Baiturrohim Dusun Gumukrejo RT 002 RW 011 Desa Karangsono-Jember 2020. Journal of Education Counseling.

Qodim, H., & dkk. (2021). Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah. Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Shertzer, B., & Stone, S. C. (1966). Fundamentals of Guidance. New York: Houghton Mifflin Company Boston.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Wulandari, A., & Dkk. 2021. Meningkatkan Belajar Siswa dimasa Pandemi dengan mengadakan pembimbingan kelas belajar anak Kelurahan Teppo Kecamatan Patampanua. Jurnal Lepa-Lepa Open. Vol 1 Nomor 2 halaman 287-292.

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Mutiara Rahman, A. ., Fitria, M. ., & Paujiah, E. . (2022). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Program Bimbingan Belajar di Masa Pandemi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(52), 135–145. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/819

Issue

Section

Articles