Pemberdayaan Solidaritas Masyarakat Desa Pataruman di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Alvin Hermawan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hilmi Hadad Alwi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ikhlash Al-Kautsar Fajar Utomo UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rahma Syafira UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Atep Mastur UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Solidaritas, Masyarakat, Covid-19

Abstract

Solidaritas sosial adalah hubungan antara individu atau kelompok berdasarkan emosi moral, yang dibagikan dan diperkuat melalui pengalaman emosional bersama. Solidaritas sosial terbagi menjadi dua bagian, yaitu solidaritas mekanik yang sama dengan masyarakat pedesaan dan solidaritas organik yang sama dengan masyarakat dan budaya modern. Pandemi Covid-19 yang menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia, berdampak besar terhadap kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya masyarakat. Karena menurunnya kesadaran masyarakat, penelitian ini bertujuan untuk mempromosikan sikap solidaritas melalui kegiatan sosial di masyarakat. Hal ini dapat menyebabkan masalah lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini meliputi kepala desa, ketua RW, ketua RT, dan tokoh masyarakat. Adapun implementasi juga mencakup pelaksanaan kegiatan.Masyarakat memiliki sikap individualistis dalam kehidupan sehari-hari. Perubahan pekerjaan, kapitalisme, dan perbedaan teknologi menyebabkan terkikisnya persatuan. Namun begitu rencana tersebut dilaksanakan, masyarakat akan mampu menunjukkan solidaritas, menciptakan lingkungan yang bersih dan rapi, serta meningkatkan partisipasi masyarakat, terutama peran aktif ibu rumah tangga yang berperan dalam kegiatan tersebut.

References

Apip, Abdul, and Rahmawati Rahmawati. “Penguatan Solidaritas Sosial Kemasyarakat Dalam Rangka Pembentukan Satuan Tugas Bencana Di Desa Pamong Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang." ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat 3.1 (2021): 86-94.

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5122703/berbagai-cara-penyebaran-virus-corona-covid-19-menurut-who-apa-saja

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Zoon_Politikon

Wahyuningsih, Tri. "Sistem Bagi Hasil Maro sebagai Upaya Mewujudkan Solidaritas Masyarakat." Komunitas: International Journal of Indonesian Society and Culture 3.2 (2011).

Wulansari, Fitri Ayu, Siti Komariah, and Bagja Waluya. "Pembinaan Solidaritas Masyarakat Melalui Lamongan Green and Clean di Desa Pucangro Kecamatan Kalitengah, Kabupaten Lamongan." Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development 1.2 (2019): 82-95.

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Hermawan, A. ., Hadad Alwi, H. ., Fajar Utomo , I. A.-K. ., Syafira , R. ., & Mastur, A. . (2022). Pemberdayaan Solidaritas Masyarakat Desa Pataruman di Masa Pandemi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(52), 1–11. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/803

Issue

Section

Articles