Analisis Pemahaman Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kampung Babakan Salam

Authors

  • Indri Julianti Lestari Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dewi Kustanti UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Anak-anak, Hasil Penelitian, Mentoring Langsung, Pemahaman belajar

Abstract

Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang mampu mempertemukan siswa dan guru untuk melaksanakan interaksi pembelajaran dengan bantuan internet. Pembelajaran daring diyakini mamlu menjadi solusi pembelajaran di masa pandemi ini. Pandemi covid-19 membuat bidang pendidikan setidaknya merubah metode pembelajarannya menggunajan media perangkat elektronik. Tetapi hal itu rupanya tidak menyelesaikan permasalahan yang ada yaitu penyerapan pelajaran oleh siswa tidak maksimal. Maka dari itu diadakannya metode atau cara untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami pelajaran yang diajarkan sekolah daring melalui mentoring dan (TIR). Kegiatan ini dilakukan untuk mencari tahu sejauh mana anak-anak memahami pelajaran khususnya anak lingkungan rumah tepatnya di Kampung Babakan Salam rt 03/06, Desa Cihikeu. Tahapan penilaian kesuksesan tersebut dinilai dari pre-rest dan post-test pada anak-anak. Dari adanya test tersebut dapat dilihat sejauh mana perubahan yang terjadi apabila kegiatan mentoring secara langsung dilakukan. Setelah pembelajran secara langsung melalui mentoring dilakukan dapat disimpulkan sejauh mana siswa dapat menangkap pelajaran yang diajarkan langsung dibandingkan dengan metode belajar daring. Selain itu, metode ini juga digunakan untuk membantu oarangtua yang kesulitan dengan pembelajaran jarak jauh ini.

References

Dadang, Intan Widiantika. Analisis Minat Belajar Daring Matematika Siswa Komunitas Studygram Kelas VII Sekolah MenengAh Pertama, 2021.

Mela Marlena. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 22 Kota Bengkulu, 2021.

Nuraini Siti. Pengaruh Pembelajaran Online Masa Pandemi Terhadap Minat Belajar Siswa Di Paud Miftahul Ulum Kesamben Wetan Driyorejo Gresik, 2020.

Tamin, Eva yanti, Ravita. Analisis Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Ujung Batu Barus, vol. 4, 2021.

Zetriuslita, Agus, Leo, Yose. Analisa Minat Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaram E-comic Aritamatika Sisial Di Masa Pandemu Covid-19, 2021.

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Lestari, I. J. ., & Kustanti, D. (2022). Analisis Pemahaman Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kampung Babakan Salam. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(47). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/788

Issue

Section

Articles