Upaya Meningkatkan Minat Anak dalam Membaca Al-Qur’an Melalui Kegiatan Pembelajaran

Authors

  • Anisa Nurazizah Program Studi Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dewi Kustanti UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Al-Qur'an, Minat baca, Pembelajaran

Abstract

Masyarakat muslim di Indonesia banyak yang belum mampu membaca al-quran dikarenakan kurangnya pembelajaran al-quran yang didapatkan. Taman pendidikan Al-quran Al-Mawi Kampung Kandang Kidul, Desa Kandang Mukti, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut adalah salah satu tempat dimana pembelajaran al-quran dilaksanakan. Metodologi pengabdian yang dilakukan menggunakan metode KKN Sisdamas dan terdiri dari tiga tahapan yaitu Pertama, tahapan reflesi sosial. Kedua, tahap paticipatif planning. Dan ke Tiga, tahap pelaksaaan program. Adapun hasil dari kegiatan ini yaitu minat anak dalam membaca al-quran bertambah dibukatikan dengan bertambahnya peserta didik yang ingin membaca al-quran, meningkatnya ketertarikan anak terhadap al-quran dan perhatian yang bertambah saat diadaknnya pembelajaran. Kegiatan ini berlangsung dengan lancar karena ada dukungan dari guru TPA Al-Mawi dan masyarakat sekitar, adapun faktor penghambat; berasal dari faktor internal peserta didik itu sendiri seperti kurangnya rasa percaya diri dan malas, kemudian faktor external yang berasal dari lingkungan sekitar, kemudian minimnya waktu pembelajaran Al-Quran dan fasilitas yang kurang memadai. Solusi yang dilakukan; mengadakan kegiatan, menambah waktu pembelajaran dan memberikan fasilitas berupa Al-Quran dan Iqra.

References

Anggreni, M. A. (2017). Penerapan Bermain untuk Membangun Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini. Journal Of Early Childhood and Inclusive Education, 3,1(1).

Haditono, S. R. (1988). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Psikologi UGM.

Irna. (2019). Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Implementasi Literasi Keluarga. Fascho, (1)1.

M, F. (2019). Analisi Rendahnya Minat Baca Tulis Al-Quran dan Faktor yang Mempengaruhinya di SMP 8 BTN Sekkang Mas Kabupaten Pinrang. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (p. 46). Makasar: UIN Alauddin Makasar.

Miqdad, d. (2019). Upaya Guru Taman Pendidikan Al-Quran dalam Pembelajaran Al-Quran di Rukun Warga (RW) 8 Desa Pasir Eurih Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor. Al-Hidayah, 67.

Ony, d. (2017). Minat Baca Anak-Anak di Kampung BAca Kabupaten Jember. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 326, 1(3).

Sutrisno. (2020). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar TIK Materi Topologi Jaringan dengan Media Pembelajaran. Malang: Ahlimedia Press.

Syarifudin, A. (2005). Mendidik Anak Membada dan Menulis Al-Quran. Jakarta: Gema Insani.

Zulfa Fahmy, d. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sastra Indonesia, 122, 10(2).

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Nurazizah, A., & Kustanti, D. (2022). Upaya Meningkatkan Minat Anak dalam Membaca Al-Qur’an Melalui Kegiatan Pembelajaran. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(47). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/781

Issue

Section

Articles