Pembimbingan Membaca Al-Qur’an Ddan Pengetahuan Sejarah Islam Pada Pelajar Tingkat Sekolah Dasar di Dusun Bance

Authors

  • Ahmad Abdillah Sejarah dan Peradaban Islam, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Eva Nurlatifah Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

agama, pendidikan, pelajar tingkat sekolah dasar

Abstract

Pendidikan di Indonesia saat ini mengalami banyak permasalahan dilihat dari berbagai sudut pandang, termasuk dampak yang ditimbulkan oleh virus Covid-19 yang ikut mengakibatkan keadaan baru bagi masyarakat pelajar. Kebijakan pemerintah mengharuskan proses belajar mengajar dilangsungkan secara daring atau online setiap harinya, untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 agar tidak semakin parah. Berangkat dari hal tersebut kemudian diupayakan untuk memberikan sedikit kontribusi secara langsung berupa pembimbingan materi pelajaran bagi para pelajar, dalam program ini dikhususkan kepada pelajar tingkat sekolah dasar di salah satu desa yang berada di Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di Dusun Bance Desa Polewali Kecamatan Sibulue. Dengan menggunakan metode pengajaran yang mencakup dua bidang ilmu yang menjadi fokus tenaga pelaksana, yakni pengetahuan membaca Al-Qur’an dan pendidikan sejarah Islam, program pembimbingan ini berhasil memberikan peningkatan wawasan terhadap para peserta bimbingan. Para peserta menjadi lebih baik dalam membaca Al-Qur’an dan lebih memahami kehidupan para nabi di masa lampau. 

References

Abdullah. 2017. Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Mengaktifkan Siswa. Edureligia, Vol. 1.

Anggrawan, Anthony. 2019. Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Daring Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal MATRIK, Vol. 18 No. 2 (Mei)

Fajriyah, Uli. 2015. Implementasi Pendekatan Emosional Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak di MI Muhammadiyah 2 Karangtengah Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga.

Haqien, Danin & Afiifadiyah, Aqiilah Rahman. 2020. Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), Vol. 5 No. 1, Agustus.

Ihsanudin, Muhammad. 2019. Makalah Proses Pembelajaran. Diajukan sebagai salah satu tugas manajemen sekolah.

Muzawir, Ahmad Saleh. 2020. Problematika Kebijakan Pendidikan di Tengah Pendemi dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran di Indonesia.

Nanindya, Deklara Wrdani, J. Anselmus E, Toenlioe & Wedi, Agus. 2018. Daya Tarik Pembelajaran di Era 21 Dengan Blended Learning.

Rianie, Nurjannah. 2015. Pendekatan dan Metode Pendidikan Islam (Sebuah Perbandingan dalam Konsep teori Pendidikan Islam dan Barat). Jurnal: Management of education, Volume 1.

Setyorini, In. 2020. Pandemi Covid-19 dan Online Lerning: Apakah Berpengaruh Terhadap Proses Pembelajaran Pada Kurikulum 13?. Journal of Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR).

Shaleh, Muhammad & Anhusadar, La Ode. 2021. Kesiapan Lembaga PAUD dalam Pembelajaran Tatap Muka pada New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5.

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Abdillah, A., & Nurlatifah, E. (2022). Pembimbingan Membaca Al-Qur’an Ddan Pengetahuan Sejarah Islam Pada Pelajar Tingkat Sekolah Dasar di Dusun Bance. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(48), 8–20. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/779

Issue

Section

Articles