Optimalisasi Pembelajaran Siswa di Masa Pandemik Melalui Strategi Pendampingan Belajar

Authors

  • Alby M Farisy Aminudin program studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Moh Wildan Fatoni Program Studi Hukum Keluarga, Fakultas Syari'ah dan Hukum, UIN Sunan Gunung Djati
  • Aldiansyah Lestari nProgram Studi Perbandingan Madzhab dan Hukum, Fakultas Syari'ah dan Hukum, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ahmad Syaeful Rahman UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pandemi, Pembelajaran, Pendampingan belajar, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pendekatan Pendampingan Belajar dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk berpikir kreatif dan menjaga pembelajaran agar tetap efektif walaupun di tengah situasi PPKM pandemi covid-19. Bimbingan Belajar yang disinggung dimasukan dalam program harian NINGKAT (Nimba Ilmu dan Ngolah Bakat) yang merupakan salah satu program unggulan Organisasi IMT. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4, kelas 5, dan kelas 6 di SD Al-Hidayah Kampung Gorowong, Desa Sirnajaya, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya, yang dengannya penelitian ini membawahi 3 kelas. Pada kelas strategi ini, kelas diberikan metode Pendampingan Belajar. Berdasarkan tes yang diberikan pada kelas eksperimen persentasi siswa yang mampu memahami pembelajaran sebelum diberlakukan nya pendekatan Bimbingan Belajar ialah 34% dan yang kurang memahami 66%. Dan persentase yang memahami pembelajaran setelahnya diberlakukan metode pendekatan Bimbingan Belajar ialah 80% dan yang kurang memahami ialah 20%. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) , dengan metode pendekatan deskrifitf-kualitatif. Kemudian metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui metode observasi, dan wawancara. Dengan demikian, menunjukan bahwa kemampuan siswa untuk memahami pelajaran dengan menggunakan pendekatan Bimbingan Belajar lebih besar dari yang sebelumnya, sebelum metode pendekatan Bimbingan Belajar di hadirkan. Jadi pendekatan metode Bimbingan Belajar ini memiliki efek positif pada tingkat pemahaman siswa terhadap pembelajaran.

References

Abidin, Zaenal. 2006. Layanan Bimbingan Belajar Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Belajar Mengajar. P3M STAIN Purwokerto: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan.

Abu Ahmadi & Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Aji, R. H. S. 2020. Dampak Civid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia : Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam : Jurnal Sosial Dan Budaya Syar’i, 7(5), 395-420.

Amti, Erman & Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negri Padang.

Arikunto Suharsumi. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Baswori & Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmayanti. N, W, S. Zulkarnain, Z. 2018. Pemberian Pengayaan Materi Pelajaran Fisikan Untuk Siswa Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Di Luar Jam Sekolah di Desa Gontoran, Kecamatan Lingsar, Lombok Barat. Jurnal Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. 1(2). 1-4

Dewi E. A. F. 2020. Dampak covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Mulyadi. 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khsusus. Yogyakarta: Nuha Litera.

Nurul Izati Maulidia. 2017. Metode Bimbingan Belajar Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Pelajaran Lintas Minat Sisw Kelas X MAN 1 Yogyakarta. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Aminudin, A. M. F. ., Fatoni , M. W., Lestari, A., & Rahman, A. S. . (2022). Optimalisasi Pembelajaran Siswa di Masa Pandemik Melalui Strategi Pendampingan Belajar. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(47). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/778

Issue

Section

Articles