Meningkatkan Kesadaran dan Memotivasi Masyarakat Memakai Masker di Nagari Sawah Tangah Selama Pandemi Covid-19

Authors

  • M. Fathur Rizki Rasyda Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Elvi Syukrina Erianto UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Covid-19, Kebijakan, Penyebaran, Protokol Kesehatan

Abstract

Jumlah kasus positif selama pandemi Covid-19 mengalami peningkatan setiap harinya. Sebagian besar orang yang tertular COVID-19 akan mengalami gejala ringan hingga sedang dan akan pulih tanpa penanganan khusus. Akan tetapi, sebagian orang lainnya dapat mengalami kondisi yang buruk serta memerlukan bantuan medis apalagi jika sebelumnya memiliki penyakit penyerta. Dampak yang ditimbulkan oleh pandemi ini tidak hanya dirasakan masyarakat terkait bidang kesehatan saja, namun juga merambah ke sector lain seperti ekonomi dan sosial.  Pemerintah telah mengeluarkan banyak kebijakan untuk meredam kenaikan kasus yang disebabkan virus ini. Setiap aktivitas diharapkan mematuhi protokol kesehatan seperti penerapan budaya 5M. Budaya 5M terdiri dari mencuci tangan , memakai masker, menjauhi kerumunan , mencuci tangan, dan mengurangi mobilitas.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa disiplin masyarakat tangah sawah dalam budaya 5M khususnya pemakaian masker. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penggunaan masker ini telah dilakukan oleh masyarakat tangah sawah. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa  masyarakat tangah sawah pada umumnya sadar akan manfaat menggunakan masker.

References

W. Samudra. (2020). Dampak Pandemi Covid19 Dalam Bidang Pendidikan Di Kota Mataram. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(1), 154-158.

Sudibya, Diah Gayatri. Suendra, Dessy Lina Oktaviani . Mulyawati , Kade Richa. (2021). Rekonstruksi Hukum Adat Terhadap Pelanggaran Protokol Kesehatan Selama Pandemi Covid-19 di Desa Adat Kota Tabanan. KERTHA WICAKSANA: Sarana Komunikasi Dosen dan Mahasiswa, 15(2), 100-102.

Riduwan, achkmad. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Oleh Perguruan Tinggi. EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 3(2), 95.

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Rasyda, M. F. R., & Erianto, E. S. (2022). Meningkatkan Kesadaran dan Memotivasi Masyarakat Memakai Masker di Nagari Sawah Tangah Selama Pandemi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(47). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/776

Issue

Section

Articles