Mahasiswa dan Tanggung Jawab Sosial dalam Meningkatkan Kualitas Kemanusiaan di Era Pandemi

Authors

  • Aulia Nurlaila UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Putri Setianingsih UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Siti Halimah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Wawa Kartiwa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Idah Wahidah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Lingkungan, Mahasiswa, Masyarakat, Pengabdian

Abstract

KKN Merupakan kependekan dari Kuliah Kerja Nyata yang lumrah terdengar oleh berbagai kalangan. Bukan hanya mahasiswa selaku subyek dari diadakannya kegiatan KKN, melainkan lumrah didengar dikalangan masyarakat sebagai khalayak sasaran. Sebagaimana prosedur dari setiap Universitas, KKN ini dilaksanakan oleh mahasiswa tingkat akhir sebagai bentuk pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat. Sebagaimana yang ditempuh oleh kelompok 64 KKN-DR UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, yang telah melaksanakan KKN pada kurun waktu 1 bulan. Pertanggal 02 Agustus 2021 KKN-DR 64 UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini dimulai dan diakhiri pada tanggal 26 Agustus 2021. Kelompok 64 ini bertempat di Desa Sindangpakuon, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. Kegiatan ini bertujuan untuk merealisasikan kemampuan mahasiswa yang dibungkus dengan bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan harapan terciptanya peningkatan kualitas kemanusiaan di era pandemi. Metode yang digunakan merupakan langkah-langkah pengabdian berbasis pemberdayaan yang telah ditentukan oleh LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Terdapat didalamnya tiga kategori kegiatan. Diantaranya yaitu kategori umum yang relevan dengan situasi COVID-19 seperti sosialisasi cara mencuci tangan yang baik kepada masyarakat desa Sindangpakuon, pembagian masker dan pengecekan suhu pada setiap kegiatan yang kami laksanakan. Adapun kategori kegiatan yang kedua adalah kategori pendidikan, seperti mengajar anak usia SMP di Rw 12 desa Sindangpakuon. Dan kategori ke tiga merupakan kategori pemberdayaan masyarakat seperti kegiatan holtikultura yang dilaksanakan di Rw 07 desa Sindangpakuon. Adapun dalam artikel kali ini kami mengkaji pada aspek pendidikan selama kegiatan KKN tersebut.

References

Bagir, H. (2019). Memulihkan Sekolah Memulihkan Manusia. In Memulihkan Sekolah Memulihkan Manusia. Bandung: PT. Mizan.

Nurdi, H. (2009). The Secret of Heaven. The Secret of Heaven (p. 81). Jakarta: PT. Lingkar Pena Creative.

Albab, Ulil. 2019. “Motivasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Asing.” TAMADDUN: Jurnal Kebudayaan dan Sastra Islam 19(1): 32–48.

Cholid, N. (2019). Konsep KEPRIBADIAN AL-GHOZALI Untuk Mencapai HASIL Konseling yang MAKSIMAL. MAWA'IZH: JURNAL DAKWAH DAN PENGEMBANGAN SOSIAL KEMANUSIAAN, 9(1), 55–75.

Hasyim, S. (2016). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MUFRADAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SANTRI DAYAH DI KOTA BANDA ACEH. Jurnal Lisanuna, 5(1), 144-155.

Nur Azizah, Hanifah. (2018) Peningkatan Kosa Kata Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Word Wall. ALSUNIYAN : Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Budaya Arab, 1(1), 1-16.

Pandaan, Kecamatan, and Pada Masa. 2021. “Upaya Peningkatan Partisipasi Pendidikan Tinggi Di Desa Nogosari Kecamatan Pandaan Pada Masa Pandemi Covid-19.” 01(02): 1–9.

Parmin, and Endah Fitriani Rahayu. 2021. “Pendampingan Penerbitan Jurnal Bidang Pendidikan Bagi Pengelola Jurnal Di Dinas Pendidikan Sebagai Media Publikasi Karya Ilmiah Guru.” Al-Khidmat 4(1): 36–42.

Downloads

Published

2021-11-04

How to Cite

Nurlaila, A., Setianingsih, P., Halimah, S., Kartiwa, W., & Wahidah, I. (2021). Mahasiswa dan Tanggung Jawab Sosial dalam Meningkatkan Kualitas Kemanusiaan di Era Pandemi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(42), 110–119. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/740

Issue

Section

Articles