Sosialisasi Pentingnya Vaksinasi COVID-19 Sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Virus COVID-19 di Desa Cikadu

Authors

  • Chandra Alimin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dehan Indrawahyu UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ichsan Budiman UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mia Armiati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nurul Sofiah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pandemi COVID-19, Vaksinasi COVID-19, Penelitian

Abstract

Pandemi COVID-19 telah menjadi ancaman besar yang terjadi secara global. Mobilitas manusia yang tinggi mengakibatkan virus ini dapat menyebar secara cepat ke seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah, diantaranya kebijakan mengenai vaksinasi COVID-19. Pelaksanaan vaksinasi ini ternyata masih banyak mengalami kendala dari masyarakat. Kendala tersebut juga dialami oleh pihak aparatur desa Cikadu, kecamatan Cibatu, kabupaten Purwakarta dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya vaksinasi COVID-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya vaksinasi COVID-19 sebagai upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Adapun, teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, display data, dan conclusion drawing. Hasil dari penelitian ini berupa peningkatan pemahaman masyarakat akan pentingnya vaksinasi COVID-19 sebagai upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19. Hal ini dibuktikan oleh data laporan cepat capaian vaksinasi COVID-19 pada tanggal 13 Agustus 2021 di desa Cikadu dengan target sasaran yang telah divaksin mencapai 334 peserta dari target sasaran awal sebanyak 450 peserta.

References

Aditama, T. Y. (2020). Covid-19 dalam Tulisan Prof.Tjandra. Jakarta: Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (LPB).

Andriadi, B. P. (2021). Pentingnya Pengenalan Vaksin Di Masa Pandemi COVID-19 Desa Ibul Kecamatan Simpang Teritip. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 100-104.

Bustan, A. D. (2021). Sosialisasi Vaksinasi COVID-19 dan Protokol Kesehatan 7M sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Virus COVID-19. Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 197-209.

Habermas, J. (2006). Teori Tindakan Komunikatif I: Rasio dan Rasionalisasi Masyarakat. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Inherni Marti Abna, S. T. (2021). Edukasi Masyarakat Tentang Pentingnya Penerapan Protokol Kesehatan Dan Menjaga Imunitas Tubuh Dalam Rangka Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) Di Desa Pesing Koneng Kedoya Utara Jakarta Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 165-172.

Maryani, E. k. (2021). Edukasi Vaksinasi COVID-19 Bagi Kelompok Aisyiah Ranting Kukusan Depok. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 650-653.

Monardo, D. (2021). Pengendalian COVID-19 Dengan 3M, 3T, Vaksinasi, Disiplin, Kompak dan Konsisten. Jakarta: Satuan Tugas Penanganan COVID-19.

Downloads

Published

2021-11-04

How to Cite

Alimin, C., Indrawahyu, D., Budiman, I., Armiati, M., & Sofiah, N. (2021). Sosialisasi Pentingnya Vaksinasi COVID-19 Sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Virus COVID-19 di Desa Cikadu. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(42), 84–93. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/737

Issue

Section

Articles