Strategi Pengembangan Umkm melalui Digitalisasi Promosi Produk di Desa Melati Wangi Rw. 08 Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung

Authors

  • Agung Rizki Padilah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Aisyah Nuur Khofifah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ega Nabilla Izzulhaq UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sarah Natasya Natasya UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Siti Naziatun Nisa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mia Siti Khumaeroh UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

UMKM, Strategi Pemasaran, Pemasaran digital

Abstract

Akibat adanya pandemi Covid-19 yang belum usai, kondisi perekonomian masyarakat indonesia saat ini masih terpuruk. Banyak sektor yang terdampak salah satunya sektor ekonomi, misalnya para pelaku usaha UMKM. Selain pemerintah yang berusaha meningkatkan ekonomi rakyat, masyarakat pun masih berusaha untuk bertahan hidup. Para pelaku UMKM harus menyesuaikan dengan kondisi saat ini juga dituntut untuk ikut beradaptasi pada era digitalisasi dimana produknya bisa diakses dari rumah. Upaya untuk mendigitalisasi promosi produk dilakukan setelah analisis serta survei atas strategi pemasaran para pelaku UMKM di daerah Desa Melati Wangi RW.08 Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung yang masih terbatas. Program ini dilakukan dengan pembuatan label produk, poster promosi dan video promosi produk. Kegiatan fokus ke-2 jenis UMKM warga desa.  Program ini diharapkan dapat membantu promosi produk UMKM warga agar produknya lebih dikenal dan pemasaran produk lebih luas. Hasilnya program yang kami canangkan berhasil membantu meningkatkan promosi produk dan mendapat respon positif dari para pelanggan nya.

References

Ahmad Mas’ari, Muhammad Ihsan Hamdy, Mila Dinda. 2019. Analisa Strategi Marketing Mix menggunakan Konsep 4p (Price,Product, Place, Promotion) Pada Pt. Haluan Riau. Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri Vol. 5 No. 2. Riau: UIN Sunan Syarif Kasim.

Arief Rahman, Muchamamad Fauzi dan Annisa Maharani. Pendampingan strategi Pemasaran Digital Produk makanan dalam menjalankan bisnis di era New Normal di Kota Bandung. Jurnal Al-Khidmat Vol.4 No.1 Tahun 2021. Hal 49-57. Bandung: Universitas Widyatama.

Daryanto, L. H., dan Hasiholan, L. B. The Influence Of Marketing Mix On The Decision To Purchase Martabak “Setiabudi”Pak Man Semarang. Journal of Management, Vol. 5, No. 5, 2019.

Feni Dwi Anggraeni, Imam Hardjanto, Ainul Hayat. 2016. Pengembangan Usaha Mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui fasilitas pihak eksternal dan potensi internal. Jurnal Administrasi Publik Vol.1 No. 6 Hal 1286-1295 Malang: Universitas Brawijaya.

Fuad, M.,H,C., Nurlela, Sugiarto, & Paulus. 2006. Pengantar Bisnis. Jakarta: Erlangga.

Sefudin, A. (2014). Redefinisi bauran pemasaran (marketing mix) “4P” ke “4C” (Studi Kasus pada Universitas Indraprasta PGRI). Journal of Applied Business and Economics, 1(1),

Tulus T.H Tambunan. 2009. UMKM di Indonesia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2008 Tentang UMKM.

Hari kerja Bupati Kendal dalam digitalisasi UMKM Kendal yang diakses di https://www.kendalkab.go.id/docs/pengumuman/digitalisasi_umkm_selama_100_hari_kerja_bupati.pdf. Pada 12 September 2021 Pukul 01.09 WIB

Downloads

Published

2022-01-28

How to Cite

Padilah, A. R. ., Khofifah, A. N. ., Izzulhaq, E. N. ., Natasya, S. N., Nisa, S. N. ., & Khumaeroh, M. S. (2022). Strategi Pengembangan Umkm melalui Digitalisasi Promosi Produk di Desa Melati Wangi Rw. 08 Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(41), 91–103. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/710

Issue

Section

Articles