Peran Madrasah bagi Dunia Pendidikan di Desa Tarumajaya pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Silvia Tsamrotul Fu’adah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ichsan Budiman UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Peran, Madrasah, Pandemi, Keagamaan

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu sektor yang sangat penting bagi keberlangsungan generasi penerus bangsa. Di tengah pandemi Covid-19  yang belum usai ini banyak berdampak pada berbagai sektor, termasuk sektor pendidikan, khususnya Madrasah Diniyah Awwaliyah Al-Fithroh dan Madrasah Al-barokah di desa Tarumajaya Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. Madrasah merupakan lembaga pendidikan yang berada dalam naungan Kementerian Agama begitupun MDA Al-Fithroh dan Al-Barokah. Madrasah adalah sebagai tempat terjadinya pembelajaran bagi siswa-siswi pelajarnya, namun kini sangat terasa dampaknya dari pandemi Covid-19, pada masa awal pandemi muncul pembelajaran tatap muka di Madrasah harus diberhentikan sementara sebagaimana aturan pemerintah, namun kemudian setelah masa pemulihan lingkungan desa Tarumajaya sehingga beberapa bulan terakhir ini madrasah mulai dibuka kembali untuk melakukan proses pembelajaran tatap muka. Dengan dibukanya kembali pembelajaran tatap muka di madrasah membuat eksistensi peran madrasah sangat diperlukan ditengah pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan bagaimana keberadaan dan peran madrasah sebagai lembaga pendidikan yang menjadi benteng pendidikan islam ditengah pandemi Covid-19. Selain itu, saat ini madrasah harus beradaptasi dengan tuntutan globalisasi yang harus dihadapi tanpa mengurangi nilai-nilai pengetahuan islam. Metode yang digunakan ialah metode kualitatif deksriptif dengan pendekatan ceramah, diskusi dan merujuk dari beberapa sumber terkait. Kemudian hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukan bahwa peran dari Madrasah bagi masyarakat desa Tarumajaya sangat diperlukan. Pertama, mencegah anak-anak dari kebodohan, kedua, menjaga anak-anak dari kencangnya arus modernisasi yang membawa budaya baru bagi masyarakat. Ketiga, menambah wawasan bagi siswa-siswi khususnya mengenai keagamaan. Keempat,  menggali kreatifitas siswa.

References

Hasbullah. (2001). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hilmy, M. (2012). Nomenklator Baru Pendidikan Islam di Era Industrialisasi. Tsaqafah, 8, 9.

Islam, D. R. (2002). Ensiklopedia Islam 3 . Jakarta: Ikhtiar Baru Van Hoeve.

Nata, A. (2001). Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Grafindo Persada.

Senata Adi Prasetya, M. F. (2020). Reorientasi, Peran dan Tantangan Pendidikan Islam di Tengah Pandemi. Tarbawi, 9, 26.

Nurseto, Tejo. 2011. Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. Vol 8

Mukminan, (2008) Pengembangan Media Pembelajaran. Universitas Negeri Yogyakarta

Chaer, M. T. (2016). Peran madrasah dalam menghadapi era globalisasi dan budaya. Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman, 6(2), 182-201.

Downloads

Published

2022-01-28

How to Cite

Fu’adah, S. T. ., & Budiman, I. (2022). Peran Madrasah bagi Dunia Pendidikan di Desa Tarumajaya pada Masa Pandemi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(41), 56–67. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/707

Issue

Section

Articles