Pemanfaatan Sampah Anorganik melalui Program Prakarya di Mts Darul Ulum Dusun Rambay Rt/Rw 01 Desa Rambay

Authors

  • Yayu Agustin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Agung Purnama UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Anorganik, Kebersihan, Pemanfaatan, Sampah

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini dilakukan di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, tepatnya di Dusun Cilimus dan Rambay. Mayoritas penduduk laki-laki di kampung ini bermata pencaharian sebagai petani/pekebun, dan ibu-ibu berprofesi sebagai ibu rumah tangga. Permasalahan yang terjadi di daerah ini salah satunya adalah masih kurangnya kesadaran masyarakat dalam pemanfaatan sampah. Solusi yang ditawarkan dari masalah ini adalah salah satunya dengan pemberian pemahaman tentang cara pemanfaatan sampah, khususnya sampah anorganik di MTs Darul Ulum. Program pengabdian tersebut mendapat respon positif dikalangan warga, terutama Kepala Sekolah beserta jajarannya, terbukti dengan keikutsertaan pengurus OSIS pada program yang dilakukan. Hasil program yang sudah terlaksana adalah masyarakat, terutama para siswa menjadi meningkat pemahaman tentang pengolahan sampah anorganik, juga mulai lebih membiasakan diri untuk selalu menjaga kebersihan lingkungannya, dimulai dari lingkungan sekolah, menumbuhkan rasa memiliki dan bertanggungjawab terhadap lingkungan sekitar.

References

Djaelani, M. S. (2013). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Masyarakat. Jurnal Ilmiah WIDYA, 100-105.

Mubin, M. N. (2021). Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Sederajat. Heutogogia : Journal of Islamic Education, 16-31.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), 1-3.

Sibuea, H. Y. (2017). Pembaruan Sistem Pendidikan di Indonesia : Perkembangan dan Tantangan. Kajian, 22(2), 67-78.

Sukur, M. H., & dkk. (2020). Penanganan Pelayanan Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Persepektif Hukum Kesehatan. Jurnal Inicio Legis, 1-17.

Tholani, M. I. (2013). Problematika Pendidikan di Indonesia (Telaah Aspek Budaya). Jurnal Pendidikan, 64-74.

Torrido, A. (2021). Penanganan Dampak Sosial dan Ekonomi Akibat Pandemi Covid 19 melalui Pendekatan Kewirausahaan Sosial Studi : Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UMKM). Jurnal PKS, 77-90.

Ulya, M. A. (2021). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Microsoft Teams pada Masa Pandemi. Al-Thariqah, 105-120.

Zulkarnaen, & Handoyo, A. D. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Pendidikan Tidak Merata di Indonesia. Seminar Nasional "Menjadi Mahasiswa yang Unggul di Era Industri 4.0 dan Society 5.0", 20-24.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Agustin, Y. ., & Purnama, A. . (2021). Pemanfaatan Sampah Anorganik melalui Program Prakarya di Mts Darul Ulum Dusun Rambay Rt/Rw 01 Desa Rambay. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(39). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/683

Issue

Section

Articles