Implementasi Kegiatan Pengabdian dan Mengajar di Rt 01 Jati Endah

Authors

  • Nadiyya Khofiyatul Bahiyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mila Badriyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Agama, Pendidikan, Normalisasi Baru

Abstract

Pemerintah Republik Indonesia memberlakukan kegiatan pembatasan sosial secara berkala di masa pandemi COVID-19. Hingga terciptalah era baru yang disebut masa normalisasi baru. Hal tersebut membuat beberapa aspek memerlukan adaptasi ulang, diantaranya aspek pendidikan dan keagamaan. Pendidikan dan keagamaan memiliki kaitan erat dimana keduanya memiliki tujuan untuk membentuk karakter yang baik dari segi keilmuwan dan spiritual. Salah satu daerah yang menerapkan normalisasi baru ini yaitu Desa Jati Endah, Kabupaten Bandung. Pengabdian difokuskan pada lima kegiatan yaitu (1) Pertama, kegiatan bakti social di Rt 01 Jati Endah. (2) Kedua, Kegiatan Sharing Session mengenai Covid-19 untuk masyarakat Rt 01 Jati Endah. (3) Ketiga, menyelenggarakan kegiatan perlombaan 17 Agustus untuk masyarakat Rt 01 Jati Endah. (4) Keempat, kegiatan bimbingan belajar kepada masyarakat Rt 01 Jati Endah. Adapun kegiatan utama untuk merealisasikan subtema keagamaan yaitu kegiatan mengajar pengajian untuk balita dan anak kecil di Rt 01 Jati Endah.  Indikator keberhasilan utama dari kegiatan ini yaitu penyesuaian kembali kegiatan rutin di Rt 01 Jati Endah yang dilakukan secara luring maupun daring serta terjalinnya hubungan sosial dan emosional yang baik. Dari aspek keagamaan, indikator keberhasilan utama yang dicapai yaitu dapat membantu pekerjaan guru ngaji dan membentuk emosional baru bagi anak-anak. Harapan kedepannya untuk pengabdian serupa yaitu melakukan pengabdian dengan metode yang lebih inovatif dan kreatif serta melakukan pengembangan dari aspek lainnya. 

References

Djaelani, M. S. (2013). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Masyarakat. Jurnal Ilmiah WIDYA, 100-105.

Mubin, M. N. (2021). Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Sederajat. Heutogogia : Journal of Islamic Education, 16-31.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), 1-3.

Sibuea, H. Y. (2017). Pembaruan Sistem Pendidikan di Indonesia : Perkembangan dan Tantangan. Kajian, 22(2), 67-78.

Sukur, M. H., & dkk. (2020). Penanganan Pelayanan Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Persepektif Hukum Kesehatan. Jurnal Inicio Legis, 1-17.

Tholani, M. I. (2013). Problematika Pendidikan di Indonesia (Telaah Aspek Budaya). Jurnal Pendidikan, 64-74.

Torrido, A. (2021). Penanganan Dampak Sosial dan Ekonomi Akibat Pandemi Covid 19 melalui Pendekatan Kewirausahaan Sosial Studi : Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UMKM). Jurnal PKS, 77-90.

Ulya, M. A. (2021). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Microsoft Teams pada Masa Pandemi. Al-Thariqah, 105-120.

Zulkarnaen, & Handoyo, A. D. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Pendidikan Tidak Merata di Indonesia. Seminar Nasional "Menjadi Mahasiswa yang Unggul di Era Industri 4.0 dan Society 5.0", 20-24.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Bahiyah, N. K. ., & Badriyah, M. (2021). Implementasi Kegiatan Pengabdian dan Mengajar di Rt 01 Jati Endah. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(39). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/680

Issue

Section

Articles