Peran Organisasi PKK Terhadap Pemberdayaan Perempuan Melalui Tahapan Siklus Sisdamas di Masa Covid 19

Authors

  • Mega Indah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ikhwan Aulia Fathahila UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

KKN, Pemberdayaan, Perempuan

Abstract

Pengabdian ini, berfokus pada tema pemberdayaan perempuan yang di rekomendasikan langsung oleh LP2M dengan pelaksanaan nya pada masa pandemic covid 19, dengan menggunakan empat tahapan siklus Sisdamas yaitu Berbasis Pemberdayaan Masyarakat yang diawali dengan Sosialisasi Awal dan Refleksi Sosial, Pemetaan Sosial dan Pembentukan Orgamas, Perencanaan Partisipatif dan Pelaksanaan Program lalu pada tahap terakhir adalah Monitoring Evaluasi terhadap kegiatan dan program-program yang dilaksanakan di masyarakat. Setelah proses kegiatan KKN di wilayah ini terlaksana, dapat diketahui bahwa kesadaran masyarakat mengenai masalah- masalah yang ada dapat dibilang cukup baik, hal ini dilihat dari respon masyarakat setelah mengtahui maksud dan tujuan mahasiswa melakukan kegiatan KKN Sisdamas. Mereka antusias tentang tema kegiatan yang disepakati, yaitu mengenai pemberdayaan perempuan.

References

Prijono, O.S., dan Pranarka, A.M.W. 1996. Pemberdayaan: Konsep, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: CSIS.

Zakiyah. 2010. Pemberdayaan Perempuan oleh Lajnah Wanita. Jurnal Pengkajian Masalah Sosial Keagamaan, No.XVII.

Nugroho. 2008. Gender dan Administrasi Publik Studi tentang Kualitas Kesetaraan dalam Administrasi Publik Indonesia Pasca Reformasi 1998-2002. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Developmental Research: The Definition and Scope dari https://eric.ed.gov/?id=ED373753

Petunjuk Teknis Kegiatan KKN Sisdamas; Materi Siklus

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Indah, M. ., & Fathahila, I. A. (2021). Peran Organisasi PKK Terhadap Pemberdayaan Perempuan Melalui Tahapan Siklus Sisdamas di Masa Covid 19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(39). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/677

Issue

Section

Articles