Efektivitas Kegiatan Mengajar dalam Meningkatkan Pengetahuan Dasar Agama di TPA Rumah Qur’an Al-Jabbar Desa Singajaya

Authors

  • Nurullia Wildah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Esty Puri Utami UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Efektivitas, Mengajar, Pengetahuan Agama

Abstract

Hubungan sosial anak semakin erat pada masa kini, perhatiannya terhadap agama juga dipengaruhi oleh teman – temannya. Salah satu penyebabnya adalah efektivitas kegiatan. Ditambah dengan kurangnya kesadaran bagi tiap – tiap individu untuk meningkatkan pengetahuan agama dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa efektif kegiatan mengajar untuk memahami secara mendalam tentang langkah yang ditempuh di TPA dalam meningkatkan pengetahuan dasar - dasar agama. Metode yang digunakan adalah metode pemberdayaan masyarakat khususnya terpusat kepada pengetahuan agama di TPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengajar dikatakan berhasil dengan menjadikan kegiatan Gebyar Muharram sebagai tolak ukur indikator keberhasilan karena berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat pengetahuan agama anak-anak TPA. Hal ini dibuktikan, bahwa kegiatan ini berperan dalam upaya-upaya menyamarkan syi’ar Islam dalam kehidupan masyarakat melalui kegiatan-kegiatan yang positif dan bernilai baik bagi pengembangan internal kedalam lingkungan masyarakat Islam maupun dalam lingkungan masyarakat yang lebih luas. Dalam kegiatan ini, diharap kan dapat menambah motivasi belajar dan tetap menjalin silaturahmi yang baik guna meningkatkan pengetahuan agama.

References

Hasibuan, J. J . Moedjiono. 1993. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

M, basyirudin usman. 2002. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta : Ciputat Press.

Sunhaji. 2009. Strategi Pembelajaran, Konsep Dasar, Metode, dan Aplikasi Dalam Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: grafindo litera media.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Wildah, N., & Utami, E. P. . (2021). Efektivitas Kegiatan Mengajar dalam Meningkatkan Pengetahuan Dasar Agama di TPA Rumah Qur’an Al-Jabbar Desa Singajaya . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(39). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/676

Issue

Section

Articles