Optimalisasi Kebersihan Lingkungan Guna Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Kampung Babakan Rw 11 Desa Cisondari

Authors

  • Tsania Shofia Muthmainah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Edi Mulyana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Kesehatan, Lingkungan, Sampah

Abstract

Masalah kesehatan lingkungan menjadi salah satu  problematika sosial dalam kehidupan yang sejak dulu hingga sekarang masih belum bisa teratasi. Ketidaksadaran individu  terhadap kebersihan menjadi  faktor yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan lingkungan. Oleh karena itu, pemberian pemahaman kepada  masyarakat mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan khususnya dalam pengelolaan sampah  rumahtangga harus ditingkatkan. Penulis menggunakan metode PAR (Particypatory Action Research)  dalam menyelesaikan permasalahan dilingkungan.  Berdasarkan observasi  warga Kampung Babakan berpendapatan dibidang pertanian dan peternakan. Maka  dari itu dalam  meningkatkan kebersihan lingkungan, masyarakat diberikan teori dan aksi dalam pengelolaan sampah rumah tangga yaitu dengan cara memilah sampah organik dan anorganik kemudian memanfaatkan sampah yang masih dapat dimanfaatkan, dan membuang sampah yang tidak bermanfaat kepembuangan akhir.

References

Soedjiwo, Novena Ade Fredyaranii. (2019). Implementasi Mata Kuliah PAR (Participatory Action Research) di TPQ Al-Maghfiroh Denpasar Bali.

Soekanto Soerjono, Budi Sulistyowati Sosiologi: suatu pengantar. Jakarta: Rajawali Pers, 2017.

Heriyatni, Feni. Jurnal Ilmiah Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan Hidup. Universitas Negeri Semarang. 2013

Oekan S.Abdullah, “Bab 3 Teori dan Pendekatan Ekologi Manusia”, Ekologi Manusia & Perkembangan Berkelanjutan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nur Tualeka,M. Wahid, Teori Konflik Sosiologi Konflik dan Modern. Surabaya: Jurnal Al-Hikmah.2017

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Muthmainah, T. S., & Mulyana, E. . (2021). Optimalisasi Kebersihan Lingkungan Guna Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Kampung Babakan Rw 11 Desa Cisondari. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(39). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/673

Issue

Section

Articles