Digitalisasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Masyarakat Adat Desa Citorek Tengah

Authors

  • Cucu Nurhayati Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Helmi Fitriansyah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Rohmatullah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Neng Vivie Nurfauziah Rukmini Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yusuf Cahya Wiguna Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Masmuni Mahatma Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Digitalisasi, UMKM, Produk Online

Abstract

Digitalisasi merupakan proses pengalihan bentuk data yang tercetak, diubah menjadi bentuk elektroknik. Sedangkan digitalisasi UMKM adalah upaya untuk mempromosikan produk yang dibuat oleh pelaku UMKM melalui berbagai platform online yang tersedia. Tujuan dari pengabdian melalui digitalisasi ini adalah mengedukasi, memberikan informasi, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM tentang pemasaran berbasis digital. Metode pengabdian menyambungkan antara Rapid Rural Appraisal (RRA) dan Participatory Rural Appraisal (PRA). Hasil pengabdian ini melahirkan dan menyumbangkan pengetahuan praktis dalam bentuk akun YouTube ‘Ruang Digital Citorek’ dan Instagram sebagai media promosi produk-produk UMKM masyarakat Citorek Tengah

References

Arianto, Bambang. 2020. Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 6 No.2 Desember.

Handini, Aida, Virgia & Choiriyati, Wahyuni. Digitalisasi UMKM Sebagai Hasil Inovasi Dalam Komunikasi Pemasaran Sahabat UMKM Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Untirta.ac.id.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Puslitbang Aptika dan IKP, 2019. Perkembangan Ekonomi Digital di Indonesia: Strategi dan Sektor Potensial. Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi dan Komunikasi Publik Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika, hal 52-53.

Lathifah, Ayuni. 2019. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Asosiasi Mekarsari Kelurahan Kandri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Putra, Ariesta, Rico; Asyik, Buchori; Suwarni, Nani. Deskripsi Sosial Ekonomi Penduduk Desa Kampung Jawa Yang Bekerja di Pantai Labuhan Jukung. FKIP Unila.

Sadono, Sukirno. 2010. Mikro Ekonomi, Jakarta: Raja Grafindo, hlm 8.

Suradi, 2012. Pertumbuhan Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial. Informasi, Vol. 17, No. 03.

Wijoyo, Hadion. Digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) di Era Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Kahuripan I Tahun 2020.

Yulianti, Tri, Devi; Damayanti & Prastowo, Tri, Agung. Pengembangan Digitalisasi Perawatan Kesehatan Pada Klinik Pratama Sumber Mitra Bandar Lampung. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI). Vol. 2, No. 2, Juni 2021, 32-39.

Yusup, Kamaludin, Deni; Ayi Yunus Rusyana, Yunus, Ayi; Irna Fitrianingsih, Irna. Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Manajemen Pemasaran Produk Gula Semut Berbasis Kemitraan di Desa Binangun Kecamatan Pataruman Kota Banjar. Jurnal Al-khidmat UIN SGD Bandung.

Downloads

Published

2021-12-15

How to Cite

Nurhayati, C., Fitriansyah, H., Rohmatullah, M., Rukmini, N. V. N., Wiguna, Y. C., & Mahatma, M. (2021). Digitalisasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Masyarakat Adat Desa Citorek Tengah. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(24), 121–134. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/646

Issue

Section

Articles