Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kerajinan Rotan di Dusun Kaliwon Desa Kertayasa

Authors

  • Fadzlan Ferdiansyah
  • Ai Nur’aida
  • Vivit Permata Sari
  • Yuri Windie Mutmainah
  • Rohmanur Aziz

Abstract

Selama pandemi hampir semua sektor menurun, salah satunya adalah sektor perekonomian. Tentu saja warga kampung Pakarden pun terkena imbasnya. Kepala Dusun Kaliwon mencari potensi apa yang bisa dikembangkan sehingga mampu meningkatkan perekonomian serta mampu memberdayakan masyarakat. Rotan, menjadi salah satu solusi dalam mengatasi masalah tersebut. Selain memiliki nilai jual, untuk produksi rotan itu sendiri dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mana dengan adanya komunitas pengrajin rotan maka masyarakat sekitar akan terbantu. Disamping mengetahui usaha home industry rotan yang berkembang dalam bidang UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), tujuan dari diadakannya penelitian ini juga untuk mengetahui sejauh mana kegiatan berbasis UMKM tersebut dapat memberdayakan masyarakat menjadi lebih produktif. Setelah melewati dan melakukan 4 siklus untuk menggali informasi mengenai kerajinan rotan tersebut, terdapat hasil yang kami temukan bahwa, dengan adanya kegiatan “Berkah Nganyam Carita” yang merupakan nama komunitas Pengrajin rotan di Kampung Pakarden, berhasil mengembangkan potensi yang ada di Dusun tersebut, serta berhasil memberdayakan masyarakat sekitar untuk menjadi lebih Produktif, aktif, dan Inovatif. Hal ini dibuktikan dengan adanya aktifitas yang aktif dalam memproduksi berbagai jenis produk rotan, serta meningkatnya perekonomian yang ada di Dusun tersebut.

References

Anam, A. K., Arifin, M., Widiastuti, A., & Arifin, Z. (2020). Pengembangan Produk Orientasi Ekspor Dan Inovasi Produk Pada Umkm Rotan Indah Jepara. Al-Khidmat, 3(2), 15-23.

Ananda, R. (2016). Peran Home Industri Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Home Industri Keripik Di Kelurahan Kubu Gadang). JPM FISIP, 3, 1-15.

Kusumawati, W. (2021). Pengembangan Produk Kreatif Pada Pengrajin Rotan Di Desa Trangsan (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

KK, D. N. (2019). Analisis Strategi Pengembangan Desa Wisata Berbasis Industri Kreatif (Studi Pada Desa Wisata Rotan Trangsan) (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Papilo, P. (2014). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pengrajin Rotan di Kota Pekanbaru. Menara Riau, 13(1), 1-20.

Saeshu, A, & Nughraha, F. (2019). KKN SISDAMAS: OPTIMALISASI Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penggunaaan Smartphone Untuk Marketplace. Al-Khidmat, 2(2), 15-25.

Sulistiawati, V. (2020). Strategi Dan Teknik Pemberdayaan Masyarakat Pada Usaha Anyaman Rotan Sintetis. Lembaran Masyarakat: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 6(2), 191-208.

Sururie, R. W., Aziz, R., Muttaqin, M., Uriawan, W., Zulqiah, Z., Mardiansyah, Y., & Fridayanti, F. (2019). Model KKN Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati Bandung: Tantangan dan peluang pelaksanaan. Model KKN Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati Bandung: Tantangan dan peluang pelaksanaan, 2(01).

Umar, S. Strategi pengembangan industri rotan di kota palu sulawesi tengah studi kasus cv. Bone layana jaya. Jurnal Warta Rimba, 6(2).

Widjajanti, K. (2011). Model pemberdayaan masyarakat. Jurnal Ekonomi Pembangunan: Kajian Masalah Ekonomi dan Pembangunan, 12(1), 15-27.

Downloads

Published

2021-11-10

How to Cite

Ferdiansyah, F., Nur’aida, A., Sari, V. P. ., Mutmainah, Y. W., & Aziz, R. . (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kerajinan Rotan di Dusun Kaliwon Desa Kertayasa . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(13), 9–22. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/64

Issue

Section

Articles