Pengaruh Kompetensi Pendidik terhadap Motivasi dan Minat Belajar Para Santri di Madrasah Al-Inayah

Authors

  • Iganadia Marwah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rini Sulastri Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Kompetensi, Pendidik, Santri, Al-Inayah

Abstract

Belum ada penelitian yang komprehensif terkait pengabdian masyarakat dengan memberikan pembelajaran Al-Qur’an khususnya di wilayah Kampung Sayuran RT. 04 RW. 07, Kelurahan Cijerah, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung, Jawa Barat. Menyikapi hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meneliti pelaksanaan pengabdian masyarakat melalui program pembelajaran dan pengajaran di Madrasah Al-Inayah untuk menambah tenaga pengajar, peningkatan kualitas pendidik, pengembangan metode dan media pembelajaran, dan peningkatan fasilitas belajar dan mengajar. Metode penelitian mengadopsi siklus-siklus KKN DR Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati 2021. Data penelitian diperoleh melalui observasi terhadap para santri yang belajar di Madrasah Al-Inayah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penambahan tenaga pengajar, peningkatan kualitas pendidik, pemilihan metode dan media yang sesuai, dan peningkatan fasilitas belajar dan dengan pembagian kelompok maka pembelajaran menjadi berjalan dengan baik dan lancar serta empat kompetensi yang harus dimiliki pendidik dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Adapun empat kompetensi tersebut ialah kompetensi pedagogik, kompetensi professional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial.

References

Maghfiroh Shofia, Suryana Dadan. 2021. Media Pembelajaran Untuk Anak Usian Dini Di Pendidikan Anak USia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai. V(1).

Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Olivia, F. 2011. Teknik Ujian Efektif. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Siregar, Eveline dan Hartin. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Syaidah U, Suyadi Bambang, Ani Mustika H. 2018. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi. XII(2).

Tohirin. 2005. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Berbasis Integrasi dan Kompetensi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Usman, Moh. User. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zuhairini. 1994. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Aksara.

Downloads

Published

2021-11-07

How to Cite

Marwah, I., & Sulastri, R. (2021). Pengaruh Kompetensi Pendidik terhadap Motivasi dan Minat Belajar Para Santri di Madrasah Al-Inayah. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(10), 128–137. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/636

Issue

Section

Articles