Penerapan Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMA Plus Bani Umar

Authors

  • Ananda Kh UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
  • Algi Pangestu
  • Hafidhatul Fitri

Keywords:

discovery learning, kimia, hasil belajar siswa

Abstract

Penerapan Discovery Learning pada pembelajaran Kimia di SMA Plus Bani Umar memiliki potensi yang sangat besar dalam mengoptimalkan proses belajar mengajar. Melalui model pembelajaran ini, siswa akan dihadapkan pada lingkungan belajar yang lebih dinamis, dimana mereka menjadi agen utama dalam proses pencarian pengetahuan. Guru sebagai fasilitator akan memainkan peran penting dalam memberikan panduan, memberikan umpan balik, dan mendorong refleksi yang mendalam. Penulisan artikel ini ditujukan untuk menerapkan metode pembelajaran yang lebih inovasi guna meningkatkan kualitas pembelajaran Kimia di tingkat SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode one shot case study. Penerapan discovery learning pada pembelajaran Kimia kelas XI menggunakan media pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan pendekatan scientific. Sistematika discovery learning dilakukan secara full tatap muka dengan persentase 100%. Hasil aktivitas siswa dalam setiap tahapan discovery learning pada mata pelajaran kimia kelas IX untuk meningkatkan hasil belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 93 dengan kategori sangat baik. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan lembar kerja sesuai tahapan discovery learning pada mata pelajaran kimia kelas XI secara keseluruhan mendapatkan nilai rata-rata 88 dengan kategori sangat baik.

References

Arikunto, S. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, 2013.

Cintia, Nichen Irma, Firosalia Kristin, and Indri Anugraheni. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA.” Perspektif Ilmu Pendidikan 32, no. 1 (April 30, 2018): 67–75. https://doi.org/10.21009/PIP.321.8.

Lestari, Puji, and Rina Rosdiana. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Dan Problem Based Learning.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 7, no. 3 (September 30, 2018): 425–32. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.156.

Nauli, Pardomuan, and Josip Mario Sinambela. “KURIKULUM 2013 DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN.” Penulis Buku Ajar SMP & SMA Kemendikbud Kurikulum, 2013.

Prilliza, Masayu Diska, Nur Lestari, I Wayan Merta, and I Putu Artayasa. “Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA.” Jurnal Pijar Mipa 15, no. 2 (March 1, 2020): 130–34. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1544.

Rousseau, J.J. Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2003.

Yuliana, Nabila. “PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR.” PPs Universitas Pendidikan Ganesha JIPP 2 (2018).

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Kh, A., Pangestu, A. ., & Fitri, H. . (2024). Penerapan Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMA Plus Bani Umar. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(8). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/628-638

Issue

Section

Articles