Pengoptimalisasian Kebersihan Lingkungan Guna Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Kampung Babakan RW 11 Desa Cisondari

Authors

  • Novi Khaerunisa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rini Sulastri UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Lingkungan, Kesehatan, Sampah

Abstract

Permasalahan kesehatan lingkungan, khususnya pengelolaan sampah menjadi salah satu  problematika sosial yang sulit teratasi bila kesadaran warga pada kebersihan lingkungan rendah. Diperlukan pemberian pemahaman warga masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan khususnya dalam pengelolaan sampah rumah tangga. Dalam meningkatkan kebersihan lingkungan, masyarakat diberikan teori dan aksi dalam pengelolaan sampah rumah tangga yaitu dengan cara memilah sampah organik dan anorganik kemudian memanfaatkan sampah yang masih dapat dimanfaatkan, dan membuang sampah yang tidak bermanfaat kepembuangan akhir. Penulis menggunakan metode PAR (Particypatory Action Research) dalam menyelesaikan permasalahan dilingkungan. Tujuan pengabdian ini untuk memberikan pemahaman pada warga dalam meningkatkan kebersihan lingkungan melalui pengelolaan sampah rumah tangga. Hasil dari pengabdian ini warga Kampung Babakan memiliki kesadaran mengenai kebersihan lingkungan yang meningkat  dan mengetahui cara mengelola sampah.

References

Hadiwijoto, S. 1983. Penanganan dan Pemanfaatan Sampah. Penerbit Yayasan Idayu. Jakarta Biro Bina Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta. 1998. Laporan

Heriyatni, Feni. Jurnal Ilmiah Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan Hidup. Universitas Negeri Semarang. 2013

Julliana Purdianingrum, Hubungan Praktik Buang Sampah dengan Kejadian Demam Berdarah

Dengue. JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT (e-Journal) Volume 5, Nomor 5, Oktober 2017 (ISSN: 2356-3346)

http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm

Moerdjoko S, Widyatmoko. 2002. Menghindari, Mengolah dan Menyingkirkan

Sampah. Cet.1. PT. Dinastindo Adiperkasa Internasional. Jakarta.

Nur Tualeka,M. Wahid, Teori Konflik Sosiologi Konflik dan Modern. Surabaya: Jurnal Al-Hikmah. 2017 (ISSN: 2356-3346)

http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm

S. Abdullah Oekan, “Bab 3 Teori dan Pendekatan Ekologi Manusia”, Ekologi Manusia & Perkembangan Berkelanjutan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Soedjiwo, Novena Ade Fredyaranii. (2019). Implementasi Mata Kuliah PAR (Participatory Action Research) di TPQ Al-Maghfiroh Denpasar Bali.

Soekanto Soerjono, Budi Sulistyowati Sosiologi: suatu pengantar. Jakarta: Rajawali Pers, 2017.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Khaerunisa, N. ., & Sulastri , R. . (2021). Pengoptimalisasian Kebersihan Lingkungan Guna Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Kampung Babakan RW 11 Desa Cisondari . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(35), 110–120. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/625

Issue

Section

Articles