Problematika Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Ridomanah Kabupaten Bekasi

Authors

  • Devita Komala UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hukman Faatir Turmuji UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Liana Herawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Lulu Safa’ah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhamad Furqon UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sri Dewi Sukma Limala Sari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Imam Ghozali Budi Harjo UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Covid-19, Daring, Gadget, Belajar, Mengajar

Abstract

Dalam masa pandemi Covid-19 saat ini, pemerintah daerah memutuskan menerapkan kebijakan meliburkan siswa dan mulai menerapkan metode belajar dengan sistem daring (dalam jaringan). Sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Karena banyak keluhan dari orang tua di Desa Ridomanah, bahwa pembelajaran daring ini membuat anak-anaknya menjadi malas untuk belajar dan tidak sedikit pula para orang tua merasa kewalahan untuk mengajarkan anak-anaknya di rumah. Dari hasil survei yang telah kami lakukan tersebut, maka dibuatlah program kerja KKN ini dengan tujuan untuk membantu memudahkan para siswa khususnya anak-anak di Desa Ridomanah, melaksanakan pembelajaran secara mudah dan efektif dengan mengajar di madrasah (sekolah agama) dan home visit (kunjungan dari rumah ke rumah) untuk pembelajaran umum (tugas sekolah). Metode pembelajaran yang digunakan adalah diskusi, ceramah, bernyanyi, belajar sambil bermain, menghafal dan memberikan pekerjaan rumah. Hasil dari metode pembelajaran yang telah kami terapkan pada anak-anak di Desa Ridomanah cukup efektif, karena mereka bisa berkomunikasi langsung dengan pengajar, bisa menanyakan langsung apa saja yang belum mereka pahami dari materi pembelajaran tersebut dan mengurangi penggunakan gadget pada anak-anak. Selain itu, program kami ini juga dapat membantu dan meringankan tugas orang tua di rumah dalam mengajarkan anak-anaknya.

References

Rohiat. (2010). Manajemen Sekolah, Teori Dasar dan Praktik. Bandung: Refika Aditama.

Sa’ud, Udin Syaefuddin & Abin Syamsuddin.

Agustin, Iva.N.N & Supriyanto, Achmad. 2020. Permasalahan

Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Universitas Negeri Malang.

Makmun. (2009). Perencanaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Salim, Moh. Haitami & Syamsul Kurniawan. (2012). Studi Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sit., Masganti & Muhammad Shaleh Assingkily. (2020). “Persepsi Guru tentang Social Distancing pada Pendidikan AUD Era New Normal” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2).

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Komala, D. ., Faatir Turmuji, H. ., Herawati, . L. ., Safa’ah, L. ., Furqon, . M. ., Sukma Limala Sari, S. D. ., & Budi Harjo, I. G. . (2021). Problematika Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Ridomanah Kabupaten Bekasi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(35), 73–81. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/621

Issue

Section

Articles