Strategi Pemberdayaan Potensi Santri di Yayasan Pondok Alam Tahfidz Tunas Mulia

Authors

  • Calista Nuruly Azizah Psikologi, Fakultas Psikologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Desty Syifa Khoiria Psikologi, Fakultas Psikologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dhiani Intan Sholeha Pendidikan Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dini Febriani Manajemen Pendidikan, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hilda Virliani Hukum Keluarga, Fakultas Syariah dan Hukum, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pemberdayaan, Potensi, Santri

Abstract

Masalah yang dihadapi guru di Yayasan Pondok Alam Tahfidz Tunas Mulia adalah kurangnya tenaga pengajar sehingga potensi yang dimiliki para santri kurang dan tidak dapat terpantau secara detail. Penulis bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi pemberdayaan santri di Yayasan Pondok Alam Tahfidz Tunas Mulia dalam rangka untuk meningkatkan potensi-potensi yang dimiliki oleh santri disana, dan juga mengetahui hasil yang telah dicapai oleh Yayasan Pondok Alam Tahfidz Tunas Mulia dalam menerapkan strategi pemberdayaan potensi kepada santri dengan metode pendampingan. Metode pendampingan dengan melakukan pelatihan kepada santri dalam meningkatkan potensi dibidang teknologi dan pendidikan Hasil kegiatan menunjukkan bahwa respon santri dalam pelaksanaan kegiatan ini sangat baik. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan menjelaskan secara rinci dan menggambarkan secara spesifik berdasarkan kegiatan yang dilakukan. Dalam kegiatan ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dan ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman santri terkait dengan teknologi dan pendidikan. Saran dari kegiatan ini adalah dapat dilakukan pelatihan lanjutan yang dilakukan secara intesif dengan melibatkan relawan dan guru untuk meneruskan kegiatan.

References

Ali, S. M. (2018). Tinjauan mata pelajaran IPS SMP pada penerapan pendidikan lingkungan untuk peduli akan tanggung jawab lingkungan. Jurnal Geografi. Edukasi Dan Lingku, 6(1).

Amrullah, A. (2019). Analisis Manajemen Pengelolaan Koperasi Pesantren dalam Mewujudkan Kemandirian Pesantren Ummul Ayman Samalanga. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 1(2), 257-277.

Aripin, I. (2017). Pembelajaran pendidikan lingkungan hidup berorientasi 3R (reuse, reduce and recycle) untuk meningkatkan kreativitas dan sikap peduli lingkungan. jurnal Bio Education, 2(1).

Covid-19, G. (2020). Gugus Tuga Covid 19.

Fien, J. (1993). Education for the environment. Victoria: Deakin University.

Herliandry, L. D. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi Covid 19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(9).

Harry Hikmat, 2001. Strategi Pemberdayaan Masyarakat. Bandung : Humaniora Utama Press.

Ichsan, I. Z. (2020). HOTS-AEP-COVID-19 and ILMIZI learning model. The 21 environmental learning in senior high school, 6.

Ichsan, I. Z. (2020). PEB-COVID 19 : analisis perilaku mahasiswa dan model ILMIZI di pembelajaran lingkungan. The 21st-century, 5(1).

Lailial Muhtifah, dkk. 2015. Model Pemberdayaan Mutu Pondok Pesantren Sebagai Pusat Studi Masyarakat. Pontianak: IAIN Pontianak Press.

Kusuma, J. W. (2020). Platform whatsapp group dan webminar zoom dalam pembelajaran jarak jauh masa pandemi covid. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematik, 5(1).

Mustofa, Z. A. (2021). Implementasi Model Dan Desain Pembelajaran Daring Pada Anak Usia Dini Saat Pandemi Covid 19 di TK Perwanida Sooko Ponorogo. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1-17.

Nisa, Z. K. (2019). Pengembangan pendidikan lingkungan hidup di pondok pesantren kabupaten Blitar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(1), 105.

Rezkita, S. (Jurnal Pendidikan KeSDan). Pengintegrasian pendidikan lingkungan hidup membentuk karakter peduli lingkungan di sekolah dasar. 2018, 4.

Siradj, S. A., Wahid, M., & Zuhri, S. (1999). Pesantren Masa Depan: Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren. Pustaka Hidayah.

Syaiful, F. F. (2020). Pondok pesantren safinda IV bangkalan di tengah pandemi COVID 19. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2).

Setiawan, E. (2021). PEMBERDAYAAN SANTRI TANGGUH DAN MASYARAKAT SEKITAR DALAM PENCEGAHAN COVID-19. JURNAL PEMBELAJARAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT.2(1)

Yusep Kurniawan. (2019). Inovasi pembelajaran Model dan Metode Pembelajaran bagi Guru. Surakarta: CV kekata Group

Downloads

Published

2021-12-04

How to Cite

Azizah, C. N. ., Khoiria, D. S. ., Sholeha, D. I. ., Febriani, D., & Virliani, H. (2021). Strategi Pemberdayaan Potensi Santri di Yayasan Pondok Alam Tahfidz Tunas Mulia. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(10), 1–13. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/62

Issue

Section

Articles