Pendampingan Belajar Siswa Serta Peningkatan Kemampuan Belajar Membaca Tulis Al-Qur’an

Authors

  • Munira Safitri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Andi Septiadi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pendampingan, Belajar, covid-19

Abstract

Pada tahun 2019 telah menyebarnya wabah virus Covid-19 di berbagai belahan dunia. Virus ini dapat menimbulkan banyak gejala seperti flu, demam, sakit tenggorokan, nyeri sendi, lemas, bahkan bisa menyerang organ pernapasan. Akibat adanya wabah virus Covid-19 ini seluruh sekolah ditutup dan sitem pembelajaran yang diubah menjadi sistem pembelajaran daring. Munculnya wabah Covid-19 mendorong pentingnya menjalankan protokol kesehatan dalam mencegah virus tersebut. Banyaknya masyarakat yang belum melaksanakan protokol kesehatan dengan baik dan kesulitan dalam pelaksanaan sekolah dengan sistem pembelajaran daring menjadi alasan untuk dilaksanakannya kegiatan KKN-DR melalui program sosialisasi edukasi terhadap pencegahan Covid-19 serta kegiatan bimbingan belajar, dengan menggunakan metode sisdamas berbasis pemberdayaan masyarakat dengan teknik wawancara. Tujuan dari pelaksanaan program ini adalah untuk membantu para orang tua atau siswa dalam memahami dan mengerjakan tugas sekolah pada masa pandemi Covid-19.

References

Hasanah, N., & Hamdan, A. . (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (Tpq). Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 181–199.

Apriani, Rani, Evi Selvi, and Pamungkas Satya Putra. 2021. “Sosialisasi Pemanfaatan Corporate Social Responsibility (Csr) Dalam Menormalisasi Kembali Iklim Usaha Bagi Umkm Di Karawang.” Al-Khidmat 4(1): 16–21.

Aulia, Gina et al. 2021. “Covid-19 Prevention Education With the Health Protocol of 5M and the Importance of Multivitamins During Covid-19 Pandemic.” Jurnal Abdi Masyarakat 2(1): 133–39.

Buana, Riska Dana. 2017. “Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 Dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa.” Sosial dan Budaya, Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta 53(9): 1689–99.

Puji Asmaul Chusna, and Ana Dwi Muji Utami. 2020. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Anak Usia Sekolah Dasar.” PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education 2(1): 11–30.

Rimbarizki, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar . J+ PLUS UNESA, 6 (2). Risqiyah, S. L. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS DAN KREATIVITS . Jurnal Pengabdian Masyarakat, 26.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Safitri, M. ., & Andi Septiadi, M. . (2021). Pendampingan Belajar Siswa Serta Peningkatan Kemampuan Belajar Membaca Tulis Al-Qur’an. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(35), 55–60. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/614

Issue

Section

Articles