Upaya Mahasiswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Langsung pada PAUD, SD, dan TPA di Rw 03 Cikoneng

Authors

  • Elsa Is Primananda UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nase Nase UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pendidikan, Model Pembelajaran, Pengabdian

Abstract

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ialah proses pendidikan mahasiswa lewat bermacam aktivitas langsung ditengah-tengah masyarakat, serta mahasiswa berupaya menjadi bagian dari masyarakat  dan secara aktif serta kreatif ikut serta dalam dinamika yang terjalin di masyarakat . Mahasiswa memiliki kedudukan strategis selaku agen of change. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk dedikasi mahasiswa kepada masyarakat melalui pemberian dorongan pemberdayaan, pelatihan, penyuluhan, pembimbingan, dan pendampingan. Dalam mengimplementasikan program kerja, di bagi menjadi 3 bidang untuk meminimalisir adanya kerumunan dan penyebaran covid-19. Bidang Pendidikan berfokus dalam penerapan model pembelajaran langsung di PAUD, SD dan TPA. Model Pembelajaran langsung menurut Arends (Trianto, 2011:29)  adalah salah satu pendekatan mengajar yang dirancang khusus untuk menunjang proses belajar siswa yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan procedural yang terstruktur dengan baik yang dapat diajarkan dengan pola kegiatan yang bertahap, selangkah demi selangkah.

References

Tim Penulis KKN-DR UIN SGD Bandung. 2021. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN-DR Sisdamas) Masa Wabah Covid 19. Bandung: LP2M UIN SGD Bandung.

Yuliana. 2020. Willnes and healthy magazine. Volume 1 dan 2. Fakultas kedokteran universitas Lampung

Riska. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Tema Peristiwa Disekolah Dasar’. JPGSD. Vol 2 Nomor 3. Hal 3

Riska, agus wilanda. 2014. penerapan model pembelajran langsung untuk meningkatkan hasil belajar pada tema peristiwa di sekolah dasar. PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya

Adhitya Nur Fathurrahman, Dedi Setyo Utomo, Viola Yorika Ramadhani, Istiharoh, Dhea Novita Aryani Putri. Peran Mahasiswa: Pendidikan Dan Mental Anak Usia Sekolah Di Kelurahan Tlogosari Wetan Pada Masa Pandemi Covid-19. Universitas Negeri Semarang

Downloads

Published

2022-01-28

How to Cite

Primananda, E. I. ., & Nase, N. (2022). Upaya Mahasiswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Langsung pada PAUD, SD, dan TPA di Rw 03 Cikoneng. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(42), 34–39. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/593

Issue

Section

Articles