Upaya Peningkatan Belajar dari Rumah Melalui Program Belajar Bersama di Perum Metro

Authors

  • Ani Mulyani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ichsan Budiman UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Sekolah dalam Jaringan, Sinyal Internet

Abstract

Desa Cibodas merupakan salah satu desa yang terletak di kecamatan Bungursari kabupaten Purwakarta. Sejak pandemi Covid-19 desa ini banyak sekali mengalami kemunduran di bidang ekonomi maupun pendidikannya. Sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ketiga yaitu pengabdian kepada masyarakat, maka mahasiswa memiliki peran untuk membantu masyarakat sekitar, dengan diadakannya Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan ini saya bisa terjun langsung kepada masyarakat sekitar untuk membantu meringankan permasalahan yang tengah dihadapi. Adapun permasalahan yang tengah terjadi di bidang pendidikan yakni mengenai kendala pembelajaran dari rumah (daring), maka saya bekerjasama dengan Ikatan Remaja Masjid (IRMA) untuk memberikan solusi program belajar bersama dengan metode learning by games serta menjadi mediator agar masyarakat Perum Metro dapat menggunakan jaringan lokal terbatas atau biasa di sebut RT-RW Net.

References

Suharto, Edi. 2010. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat: Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial Dan Pekerjaan Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Rosmedi Dan Riza Risyanti. 2006. Pemberdayaan Masyarakat. Sumedang: Alqaprit Jatinegoro.

Sumodiningrat, Gunawan. 1999. Pemberdayaan Masyarakat dan Jaring Pengaman Sosial. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sofana, Iwan. 2009. CISCO CCNA & Jaringan Komputer (Edisi Revisi). Bandung: Informatika.

Chomaidi dan Salamah. 2018. Pendidikan dan Pengajaran: Strategi Pembelajaran Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Downloads

Published

2022-01-28

How to Cite

Mulyani, A., & Budiman, I. (2022). Upaya Peningkatan Belajar dari Rumah Melalui Program Belajar Bersama di Perum Metro. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(42), 19–26. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/591

Issue

Section

Articles