Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Dalam Memahami Permasalahan Diri Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas 3 SD MargaAsih
Keywords:
Problem based learning, Lembar kerja peserta didik, Kepercayaan diri siswaAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri siswa dengan menggunakan model problem based learning di Sekolah Dasar Negeri Marga Asih. Model problem based learning merupakan model pembelajaran yang cocok digunakan bagi peserta didik dalam membangun kepercayaan dirinya dengan menggunakan permasalahan di sekitar agar siswa berpikir lebih kritis dan dapat menyelesaikan masalah secara aktif dan percaya diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan adanya model PBL ini membuat siswa penasaran terhadapa masalah-masalah yang diberikan, siswa dapat berpikir kritis dan mengemukakan pendapatnya dengan bebas. Dalam model PBL juga siswa dapat memacahkan masalah dengan caranya sendiri-sendiri yang membuat tingkat kepercayaan peserta didik bertambah. Siswa menunjukkan tingkat kepercayaan yang tinggi saat menjawab pertanyaan berbasis model PBL. Model PBL membuat siswa tertarik pada masalah, memberi mereka kemampuan untuk berpikir kritis, dan memberi mereka kemampuan untuk mengemukakan pendapat mereka secara bebas. Selain itu, model PBL memberi siswa kemampuan untuk menyelesaikan masalah secara mandiri, yang meningkatkan kepercayaan siswa.
References
Agusdianita, N., & Supriatna, I. (2023). Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Ke-7 (SNIP 2023) SHEs: Conference Series 6 (3) (2023) 145-154 Model Pembelajaran Problem Based-Learning (PBL) Berbasis Etnomatematika dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Amanda Wizahfitri, P. (2021). Hubungan Antara Kreativitas Dengan Hasil Belajar Fisika The Relationship Between Creativity and Physics Learning Outcomes. In JPFT (Vol. 9, Issue 2). http://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpft
Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). Pengembangan Lkpd Berbasis Pbl (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia. In Chemistry Education Review (CER), Pend. Kimia PPs UNM (Vol. 1, Issue 2).
Boimau, S. K., Tukan, M. B., Lawung, Y. D., & Boelan, G. (2022). Pengembangan LKPD Dengan Memanfaatkan Indikator Alami Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Titrasi Asam Basa. EDUCATIVO: JURNAL PENDIDIKAN, 1(2), 374–380. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.45
Elitasari, H. T. (2022). Kontribusi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(6), 9508–9516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4120
Endah NJ. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran “Active Learning-Small Group Discussion” Di Perguruan Tinggi Sebagai Upaya Peningkatan Proses Pembelajaran. In Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 3, Issue 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia
Fadil, K., & Isna Alfaien, N. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Mewujudkan Suistanable Developments Goal’s. In Attadib: Journal of Elementary Education (Vol. 7, Issue 2).
Fitri J, Y. F. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematics Education pada Materi Teorema Pythagoras. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3). https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.2176
Maryati, I. (2018). Mosharafa. 7(1), 63. http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa
Nur, F., & Kurniawati, A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. In AoEJ: Academy of Education Journal (Vol. 13, Issue 1).
Rosidah, C. T. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Menumbuhkembangkan Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah DasaR. Jurnal Inventa, II(1).
Zakaria, R., Herwanis, D., & Mariana, E. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Inggris di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pemikiran Pendidikan, 13(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siffa Lutfatul Qolbi, Muchammad Rizki Akbar Fauzi, Tasya Sayidah Auliah, Adi Sopian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.