Strategi Pemberdayaan Pendidikan Sebagai Acuan Semangat Belajar Generasi Milenial Desa Tanjungwangi Rw 01

Authors

  • Alna Ningsih UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dini Nur Fauziyyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dini Shaumy UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fitriyani Nurhidayah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Silvi Malviani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Zulhilmi Bin Manja Ridzwan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pendidikan, Perencanaan, Strategi, Masyarakat

Abstract

Menimbang peraturan pemerintah no 47 tahun 2008 bahwasannya setiap warga negara berkewajiban untuk mengenyam Pendidikan selama 12 tahun, yakni dimulai dari tingkatan SD, SMP dan SMA, kami sebagai mahasiswa Mahasiswa mempunyai peran strategis sebagai agent of change. Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu wujud pengabdian mahasiswa perguruan tinggi kepada masyarakat, yang dilaksanakan di RW01 Desa Tanjunngwangi. Berdasarkan hasil observasi di lapangan yang mayoritas masyarakat berpendidikan hingga SMP dan terdapat ketidak merataan Pendidikan, diperlukan adanya suatu usaha dan strategi guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya Pendidikan. Startegi yang digunakan dalam upaya meningkatkan semangat belajar yaitu diantaranya: melakukan sosialisasi pentingnya belajar, senam otak, sharing motivation, belajar sambil bermain, dan pengenalan alam. Dilihat dari program-program tersebut maka mahasiswa berperan sebagai fasilitator, dinamisator dan motivator. Secara keseluruhan semua program kerja terlaksana sesuai dengan recana yang diharapkan. Keberhasilan dilihat dari jumlah partisipasi, kehadiran dan aktifitas siswa setiap harinya juga dengan adanya dukungan masyarakat RW 01 Desa Tanjungwangi dalam semua kegiatan khususnya di bidang pendidikan. Semua kegiatan-kegiatan dapat berjalan dengan baik dengan hasil yang tidak mengecewakan, hal itu terbukti dari opini masyarakat secara umum. Dengan demikin, setelah kegiatan KKN berakhir diharapkan para warga RW 01 Desa Tanjungwangi dapat terus mengembangkan segala potensi yang ada.

References

Ardianti, Faisal Bakti, Hambali, dan Sopiar. 2021. Riau Education Journal : Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring di SMA Negeri 2 Kampar, Maret, Vol 1 (1)

Ina Magdalena, Evi Agustina Silitonga, Karunia N.P, dan Silvia.2021.

Journal Sosial dan Sains (SOSAINS) : Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Masa Pandemi di SDN Panunggangan 1, Februari,Vol. 1 (1)

Cleopatra, M. 2015. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA : Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar Terhadap PrestasiBelajar Matematika. Formatif ,Vol 5 (2)

Emda, Amna. 2018. Lantanida Journal : Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol 5 (2)

Kiswoyowati, Amin. 2011. Portal Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia :

Pengaruh Motivasi Belajar dan Kegiatan Belajar Siswa Terhadap Kecakapan Hidup Siswa. Vol 2(1)

Ahmad Sopian, 2016. Jurnal Tarbiyah Islamiyah: Tugas, Peran dan Fungsi Guru dalam Pendidikan. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, Vol. 1 (1).

Latifah Husien, 2017. Profesi Keguruan Menjadi Guru Profesional. Penerbit : Pustaka Baru Press, Yogyakarta

Handarini, Oktafia Ika., Siti Sri Wulandari. 2020. Jurnal Pendidikan dan Administrasi Perkantoran : Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. Vol. 8 (3).

Jwoyowati, Amin. 2011. Portal Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia : Pengaruh Motivasi Belajar dan Kegiatan Belajar Siswa Terhadap Kecakapan Hidup Siswa. Vol 2(1)

Ahmad Sopian, 2016. Jurnal Tarbiyah Islamiyah: Tugas, Peran dan Fungsi Guru dalam Pendidikan. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, Vol. 1 (1).

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Ningsih, A., Fauziyyah, D. N. ., Shaumy, D., Nurhidayah, F., Malviani, S., & Ridzwan, Z. B. M. (2021). Strategi Pemberdayaan Pendidikan Sebagai Acuan Semangat Belajar Generasi Milenial Desa Tanjungwangi Rw 01 . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(40), 155–166. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/588

Issue

Section

Articles