Optimalisasi Karang Taruna dan Perilaku Hidup Bersih serta Sehat guna Memperdayakan Masyarakat pada Masa Pandemi

Authors

  • Agung Darmawan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Arika Amalia UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Krisna Budhi Wardana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Epa Paujiah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pendidikan, Hidup Bersih Sehat, Covid-19, Edukasi, Sosialisasi, Masyarakat

Abstract

Pandemi COVID-19 telah membawa perubahan terhadap dunia dalam berbagai bidang dengan berbagai tantangan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya, salah satunya juga pada bidang Pendidikan dan Kesehatan. Pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat terdampak dengan adanya wabah Covid-19 ini, pemerintah dan tenaga pendidik berusaha semaksimal mungkin agar pendidikan bisa tetap dilaksanakan dengan baik walaupun dengan keadaan pandemi. Pada masa pandemi Covid-19 ini pemerintah telah menetapkan Pembelajaran jarak jauh, ini adalah upaya agar pembelajaran masih tetap bisa berjalan, Anak-anak harus tetap melaksanakan kewajibannya sebagai pelajar yaitu belajar. Namun pada kenyataan dimasyarakat hal ini belum terlaksana secara maksimal, dikarenakan banyak factor yang menghambat pembelajaran secara daring. Selain itu masyarakat masih banyak yang belum sadar akan pentingnya menjaga Kesehatan ditengah pandemic ini dengan menerapkan hidup bersih, maka sangat perlunya diadakan edukasi untuk mengingatkan juga memberi pemahaman kepada masyarakat. Pemberdayaan masyarakat berupa edukasi yang diberikan kepada masyarakat melalui sosialisasi yang bertujuan untuk mengedukasi dan memberi pemahaman serta kesadaran atas serangkaian kegiatan yang telah dilakukan yaitu pentingnya melakukan hidup bersih dan sehat, serta dapat mengoptimalkan kinerja karang taruna dalam mendukung terlaksananya masyarakat yang tertib, sehat dan berpendidikan.

References

Anhusadar LO, Islamiyah. 2020. Penerapan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Anak Usia Dini Ditengah Pandemi Covid 19. J Obs J Pendidik Anak Usia Dini.

Imanuddin, N. (2020). Model Pembelajaran Cooperative Script Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Materi Bumi Sebagai Ruang Kehidupan. Attractive: Innovative Education Journal. 1 (2): 26-42.

M, Sriasih. 2020. Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Tempat Kerja Sebagai Upaya Pencegahan Penularan Covid 19. J Pengabdi Magister Pendidik IPA.

Petunjuk Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN-DR SISDAMAS) Pengabdian Dimasa Pandemic Bermitra Dengan Satgas Covid-19

Said, A., & Muslimah, M. (2021). Evaluation of Learning Outcomes of Moral Faith Subjects during Covid-19 Pandemic at MIN East Kotawaringin. Bulletin of Science Education. 1 (1): 7-15.

Sulaksono, Hari. (2015). Budaya Organisasi Dan Kinerja. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020. Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam masa darurat penyebaran virus Corona.

Undang-Undang Dasar 1945 Alinea Ke-4

Wayan Cong Sujana, I. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia, Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar. 4 (1): 29-39.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Darmawan, A., Amalia, A., Wardana, K. B., & Paujiah, E. (2021). Optimalisasi Karang Taruna dan Perilaku Hidup Bersih serta Sehat guna Memperdayakan Masyarakat pada Masa Pandemi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(40), 120–130. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/585

Issue

Section

Articles