Rumah Belajar Sebagai Upaya Mengatasi Kendala Belajar dan Komunikasi Selama Sekolah Daring di Kampung Cilalareun

Authors

  • Endang Sulistiawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Idan Sumarna UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Jessy Mustika Purnama UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Maryam Yuniar Azzahra UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tantan Wahid UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Setia Mulyawan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pembelajaran Daring, Bimbingan Belajar, Kendala Belajar

Abstract

Semenjak pandemi COVID-19 melanda seluruh dunia, hampir semua bidang kehidupan mengalami transformasi yang signifikan, termasuk pendidikan. Pembelajaran yang biasa dilaksanakan secara langsung di lingkungan sekolah kini beralih menjadi pembelajaran daring. Tentunya, perubahan ini bukan tanpa resiko; sejak awal tahun 2021, Mendikbud telah menyatakan bahwa para pelajar di Indonesia mengalami learning loss semenjak diberlakukannya pembelajaran daring. Beberapa faktor yang menyebabkan learning loss adalah menurunnya  motivasi belajar dan sulitnya menjaga konsentrasi selama proses pembelajaran daring. Artikel ini membahas hasil pelaksanaan program “rumah belajar” yang dilaksanakan di Kp. Cilalareun RW03, Desa Cipanjalu, Kabupaten Bandung, dengan para siswa SD yang tinggal di lingkungan sekitar sebagai targetnya. Pada program ini, para siswa mendapat bimbingan belajar terkait kendala yang mereka alami selama pembelajaran jarak jauh (PJJ). Selain membimbing selama PJJ berlangsung, kegiatan bimbingan belajar ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas belajar anak-anak dan meningkatkan konsentrasi belajar para siswa. Program yang mengusung konsep “rumah belajar” bagi anak-anak SD Kp. Cilalareun ini menerapkan metode diskusi berkelompok. Setiap kelompok dibentuk berdasarkan tingkatan kelas dan mendiskusikan materi maupun tugas sesuai jenjang sekolahnya masing-masing.

References

Giantika, G. G. (2020). Strategi Komunikasi Guru Dalam Upaya Meningkatkan Proses. Jurnal Komunikasi, Vo. 11, Hal. 145-150.

Masdul, M. R. (2018). Komunikasi Pembelajaran. Jurnal Ilmu Kependidikan & Keislaman, Vol. 2, Hal. 13-28.

Nasor, M. (2014). Teknik Komunikasi Guru Dan Siswa Dalam Peningkatan Prestasi Siswa. Lampung : IAIN Raden Intan Lampung.

Shadiqien, S. (2020). Efektivitas Komunikasi Virtual Pembelajaran Daring Dalam Masa PSBB. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vo. 3, Hal. 11-21.

Widyaningsih, O. (2020). Penerapan Pembelajaran Online. Jurnal Pendidikan Dasar, Vo. 2, Hal.50-60.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Sulistiawati, E., Sumarna, I., Purnama, J. M., Azzahra, M. Y., Wahid, T., & Mulyawan, S. (2021). Rumah Belajar Sebagai Upaya Mengatasi Kendala Belajar dan Komunikasi Selama Sekolah Daring di Kampung Cilalareun. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(40), 102–109. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/583

Issue

Section

Articles