Kehadiran Mahasiswa Membangkitkan Antusiasme Belajar Anak di Desa Cilame RW 06 Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Kharisma Arrifal Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhamad Syamil Azman Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Siti Azizah Fauziyah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Zidan Danar Riantama Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

pendekatan sosial, antusias belajar siswa

Abstract

Dalam Situasi pandemi COVID-19, hampir seluruh kegiatan maupun aktivitas dilakukan secara online, terutama hal yang terpenting yaitu bidang pendidikan. Tingkat semangat maupun motivasi untuk belajar semakin menurun dirasakan oleh hampir seluruh pelajar dalam berbagai tingkat. Dan yang paling berbahaya adalah menurun nya motivasi belajar sejak dini yaitu kalangan anak-anak sesuai SD sampai SMP.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan meneliti pengaruh yang dapat membuat siswa antusias dalam belajar .Digunakan penelitian dengan penelitian kuantitatif survey dengan objek penelitian meliputi 30 anak yang berada dilingkungan RW.06 Desa Cilame. Dengan  hasil survey antusiasme anak yang paham terhadap materi pelajaran sekolah di masa pandemi

References

Afdhal, Muhammad. 2015. "Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis

Matematis Dan Antusiasme Belajar Melalui

Pendekatan Reciprocal Teaching". Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 193-200.

Putri, Primadhany Kartana. 2016. "Aplikasi Pendekatan-Pendekatan Persuasif Pada Riset Komunikasi Pemasaran:

Iklan Melibatkan Penciptaan dan Penerimaan Pesan Komunikasi Persuasif Mengubah Perilaku Pembelian". Jurnal Komunikasi, Vol. 8 (1). 1-16.

Ristiana, A. (2017). "Upaya Meningkatkan Antusiasme Belajar Siswa Melalui Strategi Mind Map dan Crossword Puzzle Dalam Mata Pelajaran Aqidah Ahlak Pokok Bahasan Asmaul Husna Kelas X Di MA YPIP Panjeng Jenengan Ponorogo". Ponorogo: IAIN Ponorogo.

Yunita, Dewi. Samad Sulaiman. Mustafa. "Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Langsung Terhadap Antusias Belajar Siswa Di Sdn 102 Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang".

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Arrifal, K., Azman , M. S., Fauziyah , S. A., & Riantama, Z. D. (2021). Kehadiran Mahasiswa Membangkitkan Antusiasme Belajar Anak di Desa Cilame RW 06 Pada Masa Pandemi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(17), 102–107. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/582

Issue

Section

Articles