Pengembangan dan Pengelolaan Potensi Ekonomi Kreatif di Desa Wisata pada Desa Sukamaju Ciamis

Authors

  • Dzillin Jihan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fira Pramudita Nur Aolia UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mila Solihah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Desa Wisata, Ekonomi Kreatif, Wirausaha

Abstract

Desa Sukamaju merupakan desa wisata di Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis. Letaknya yang berada di balik perbukitan dan berbatasan langsung dengan Gunung Sawal, dijadikan berbagai tempat wisata alam seperti curug, bumi perkemahan, dan lainnya. Intensitas wisatawan yang hilir mudik di Desa Sukamaju mendatangkan peluang ekonomi kreatif untuk meningkatkan taraf perekonomian dan kesejahteraan. Namun, kesempatan tersebut belum terkelola dengan maksimal karena kurangnya kesadaran masyarakat akan potensi desa wisata yang dimilikinya. Yaitu dengan berwirausaha dan memanfaatkan sumber daya di sekitar. Maka dari itu, sebagai wujud tri dharma perguruan tinggi, dilakukan pengabdian di Desa Sukamaju yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kepada warga setempat terkait pemanfaatan lokasi desa wisata agar dapat dijadikan peluang berwirausaha dengan ekonomi kreatif, memberi wawasan mengenai urgensi wirausaha dan ekonomi kreatif yang dapat meningkatkan perekonomian, serta pemanfaatan teknologi digital untuk promosi produk ekonomi kreatif. Metode yang dilakukan berbasis pengabdian dan pemberdayaan pada masyarakat dengan metode participatory action research dengan empat langkah utama mulai dari sosialisasi hingga evaluasi. Pengabdian yang telah dilakukan dengan beberapa program ekonomi kreatif ini telah memberi pemahaman kepada masyarakat Sukamaju terhadap peluang ekonomi kreatif yang dimiliki sebagai desa wisata dengan target pemasaran yaitu para wisatawan, meningkatnya kesadaran akan urgensi berwirausaha, dan terbinanya masyarakat untuk pengelolaan ekonomi kreatif pada subsektor kriya. Selain itu, telah dibuat akun media sosial Desa Sukamaju sebagai salah satu wadah pemasaran komoditas dan promosi wisata desa Sukamaju.

References

Amali, L. N., Suhada, S., & Katili, M. R. (2020). Peningkatan ekonomi kreatif dan kewirausahaan masyarakat desa di tengah pandemi covid 19. Jurnal Sibermas: Sinergi Pemberdayaan Masyarakat. DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v9i1.7258.

Aysa, I. R. (2020). Strategi pengembangan ekonomi kreatif di era digital: Studi kasus zydnaa edukasi jombang. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 2(2), 121-138.

Bisri, H., & Setiawan, C. (2019). Pemberdayaan ibu-ibu jamaah mmajelis ta’lim melalui pelatihan kewirausahaan syariah di desa balokang kota banjar propinsi jawa barat. Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1). 40-45.

Fitriadi, Y., Novita, W., & Edriani, D. (2021). Ekonomi kreatif sebagai solusi bagi keluarga pra sejahtera untuk bertahan dalam era new normal. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 35-46.

Geriya. (2000). Transformasi kebudayaan bali memasuki abad XXI. Surabaya: Paramit.

Hakim, A. A., Huda, U. N., & Aziz, R. (2019). Model wisata halal berbasis komunitas. Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 14-23.

Jamaludin, A. N. (2015). Sosiologi perdesaan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. (2021). Petunjuk teknis kuliah kerja nyata dari rumah: Berbasis pemberdayaan masyarakat pengabdian di masa pandemi bermitra dengan satgas covid-19. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.

Rusydi & Noviana. (2016). Pengaruh penerapan ekonomi kreatif terhadap kreativitas remaja di kota lhokseumawe: Studi kasus pada seni tari sanggar cut meutia. Jurnal Visioner & Strategis, 5(1), 51-59.

Wiratma, M. (2010). Social mapping untuk mengantisipasi potensi konflik di pertambangan batubara kabupaten kutai barat kaltim. Humaniora. 1(2), 760-777.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Jihan, D., Nur Aolia, F. P. ., & Solihah, M. (2021). Pengembangan dan Pengelolaan Potensi Ekonomi Kreatif di Desa Wisata pada Desa Sukamaju Ciamis. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(40), 86–101. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/581

Issue

Section

Articles