Penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat terhadap Masyarakat Kampung Sideranglegok Kabupaten Garut

Authors

  • Catur Rangga UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Ilham Prasetyo UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sarah Aisah Hanifah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pola Hidup, Sehat, Siderang Legok

Abstract

Penerapan pola hidup sehat adalah suatu upaya guna meningkatkan kualitas kesehatan di masyarakat. Karena minimnya pengetahuan mengenai pentingnya menerapkan pola hidup bersih dan sehat  dalam kehidupan sehari-hari. Kurangnya kesadaran masyarakat di kampung siderang legok dapat dilihat dari kebiasaan yang dilakukan, seperti halnya kesadaran masyarakat yang kurang untuk membung sampah pada tempatnya. Selain itu dalam kebersihan anggota keluarga dapat dilihat dari kurangnya orangtua terhadap kebersihan anaknya, dalam hal asupan makananpun masyarakat masih minim pengetahuan mengenai kualitas gizi. Penelitian ini dilaksanakan dikampung Sideranglegok Desa Cintanagara Kecamatan Cigedug Kabupaten Garut. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan pengetahuan mengenai penerapan pola hidup bersih dan sehat dengan metode sosialisasi yang dilakukan secara langsung terhadap masyarakat kampung siderang legok. Tahap Pegabdian Refleksi sosial, Perencanaan program dan Pelaksanaan serta evaluasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa masyarakat memahami tentang pentingnya penerapan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

 

References

Andriansyah, Yuli, and Desi Natalia Rahmantari. 2013. “Penyuluhan Dan Praktik (Phbs) Perilaku Hidup Bersih.” Inovasi dan Kewirausahaan 2(1): 45–50.

Antari, Ni Putu Udayana et al. 2020. “Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Mahasiswa Universitas Mahasaraswati Denpasar Selama Pandemi Covid-19.” Jurnal Ilmiah Medicamento 6(2): 94–99.

Gani, Husni Abdul, Erdi Istiaji, and Prita Eka Pratiwi. 2015. “Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Tatanan Rumah Tangga Masyarakat Using (Studi Kualitatif Di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi) A Qualitative Study in Kemiren Village, Glagah Sub District, Banyuwangi Regency.” Jurnal IKESMA 11(1): 26–35. https://www.neliti.com/publications/31847/perilaku-hidup-besih-dan-sehat-dalam-rumah-tangga-phbs-pada-masyarakat-desa-gunu.

Tentama, Fatwa. 2018. “Penerapan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Demi Kesejahteraan Masyarakat Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Jawa Tengah.” Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1): 13.

Wati, Puput Dwi Cahya Ambar, and Ilham Akhsanu Ridlo. 2020. “Hygienic and Healthy Lifestyle in the Urban Village of Rangkah Surabaya.” Jurnal PROMKES 8(1): 47.

Downloads

Published

2021-11-06

How to Cite

Rangga, C. ., Prasetyo, M. I. ., & Hanifah, S. A. . (2021). Penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat terhadap Masyarakat Kampung Sideranglegok Kabupaten Garut . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(36), 127–134. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/559

Issue

Section

Articles