Meningkatkan Pendapatan Masyarakat melalui Home Industri di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Elga Oktaviani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Amung Ahmad Syahir Muharam UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Home Industri, Covid-19, Strategi

Abstract

Home Industri adalah suatu unit usaha dalam skala kecil yang bergerak dalam bidang industri tertentu yang dijalankan oleh perorangan atau lebih tanpa memerlukan modal yang besar. Biasanya usaha ini hanya menggunakan satu atau dua rumah sebagai pusat produksi, administrasi dan pemasaran yang dilakukan secara bersamaan. Home industri memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat karena dengan adanya kegiatan ini masyarakat bisa menyalurkan hobi mereka dalam bidang tertentu serta dapat menambah pendapatan mereka tanpa memerlukan modal yang besar namun diperlukan adanya upaya untuk melindungi dan mengembangkan usaha ini karena tidak sedikit home industri yang memilih gulung tikar dengan berbagai alasan, salah satu cara agar home industri bisa terus berjalan yaitu dengan melakukan pemberdayaan masyarakat agar memiliki kemandirian dalam bidang ekonomi. Penulis melakukan pemberdayaan masyarakat dalam bidang ekonomi kepada salah satu home industri dengan tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk membantu home industri Alfi Fariha yang terdapat di desa Cimaja Kabupaten Sukabumi dalam menjalankan usahanya di masa pendemi Covid-19 serta menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat. Penulis melakukan berbagai strategi untuk mendorong usaha ini agar bisa berjalan selama masa pandemi Covid-19. Program kerja yang dilaksanakan penulis antara lain adalah membantu home industri dalam membuat pembukuan sederhana secara manual, digital marketing, foto dan video produk dengan menarik, dan pengelolaan akun usaha. Kegiatan yang dilakukan selama pengabdian berhasil terlaksana dan sukses. Hasil ini dapat dilihat adanya peningkatan penjualan online dari marketplace, peningkatan keterampilan dalam pembukuan, serta kemampuan dalam melakukan branding produk.

References

Anandita ZP, Ningrum P, Lulu AN, dan Deden P. 2021. ‘Modernisasi Strategi UMKM Resistensi Usaha di Masa Pandemi Covid-19’. Al Khidmat Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/al- khidmat/index

Zidni HF, Euys AN, Windi N, dan Afri O. 2021. ‘Revitalisasi Kegiatan Usaha Getuk Goreng HJ. Tohirin di Masa Pandemi Covid-19’. Al Khidmat Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/al- khidmat/index

Achmad F, dan Erwin F. 2020. ‘Home Industry Sebagai Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Dalam Meningkatkan Financial Revenues Masyarakat’. Al Qalam Jurnal Ilmiah Keagamaan danMasyarakat.https://jurnal.stiqamuntai.ac.id/in dex.php/alqalam/article/download/342/144

Downloads

Published

2021-11-06

How to Cite

Oktaviani, E. ., & Muharam, A. A. S. . (2021). Meningkatkan Pendapatan Masyarakat melalui Home Industri di Masa Pandemi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(36), 108–126. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/557

Issue

Section

Articles