Menghadirkan Ilmu dan Amal dalam Revitalisasi Musala di Era Modern

Authors

  • Alfin Nurfauzan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ani Siti Nur’aeni Wahidah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Bunga Syalshabila Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fauziyah Latiefa Salsabila Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nahla Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mila Badriyah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Program, Musala, Ilmu, Amal, PAR

Abstract

Program kegiatan revitalisasi musala sebagai sarana untuk menghadirkan ilmu dan amal merupakan salah satu kegiatan KKN-DR yang bertujuan untuk mengetahui seberapa penting pemanfaatan musala sebagai tempat mencari ilmu dan pusat pengembangan ekonomi masyarakat. Metode yang digunakan dalam program ini adalah Participatory Action Research (PAR) yaitu metode riset yang dilaksanakan secara partisipatif di antara warga/masyarakat daerah setempat dan mahasiswa/mahasiswi KKN untuk mendorong terjadinya aksi-aksi transformatif dalam melakukan perubahan sesuatu. Penulis melaksanakan program pengabdian di dua tempat yang berbeda, yakni Musala Atikan Global yang bertempat di Desa Sukaraja untuk program perpustakaan masyarakat, dan Musala Al-Haef yang bertempat du Desa Banjarsari untuk program sahabat amal. Kegiatan ini dilaksanakan masing-masing pada hari tanggal 29 Agustus 2021 dan 31 Agustus 2021. Hasil dari kegiatan ini berupa adanya perpustakaan desa yang membuat semangat baca bagi anak-anak meningkat dan juga adanya tempat atau wadah untuk membantu para anak yatim, fakir miskin, dan janda kurang mampu baik dalam bentuk uang maupun sembako.

References

Anonim. (2021, Maret 23). Tingkat Literasi Indonesia di Dunia rendah, Ranking 62 Dari 70 Negara. Retrieved from https://perpustakaan.kemendagri.go.id/: https://perpustakaan.kemendagri.go.id/?p=4661

Astuti Alam Sur, W. 2020. Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa Dengan Sistem Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Equation. Vol 3 No. 2, 158-160.

Dalmeri. 2014. Revitalisasi Fungsi Masjid Sebagai Pusat Ekonomi dan Dakwah Multikultural. Jurnal Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Vol. 22.

Friantary, H. 2019. Budaya Membaca sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 66-70.

Ikhwan, A. 2013. Optimalisasi Peran Masjid Dalam Pendidikan Anak: Perspektif Makro Dan Mikro. Edukasi: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1-16.

Jannah, N. 2016. Konsep altruisme dalam perspektif Al Qur’an kajian integratif antara Islam dan psikologi (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Jannah, N. 2016. Revitalisasi peranan masjid di era modern (studi kasus di kota Medan) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Daring. Dapat diakses melalui: https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Mohamad Ghozi. 2019. Fungsi Masjid dari Masa ke Masa Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Pena Islam. Vol 3 Nomor 1 September 2019.

Muchammad Toha. Sejarah dan Fungsi Masjid di Indonesia. Diakses dari: http://bdksurabaya-kemenag.id/p3/data/uploaded/dokumen/WEB%20TOHA%20MASJID.pdf

Muis, M. U. 2020. Pengaruh Religiusitas Terhadap Perilaku Bersedekah Pegawai Iain Palopo. Journal Of Institution And Sharia Finance, 3(2), 113-133.

Nafisah, A. 2016. Arti penting perpustakaan bagi upaya peningkatan minat baca masyarakat. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 2(2).

Putra, H., & Akhmad, C. (2012, Juli 18). Ensiklopedi Hukum Islam: Amal Saleh. Retrieved from https://www.republika.co.id/: https://www.republika.co.id/berita/m7cjj4/ensiklopedi-hukum-islam-amal-saleh

Sahroji, M. I. (2018, Maret 12). Definisi Ilmu dalam Kajian Ushul Fiqih. Retrieved from https://islam.nu.or.id/: https://islam.nu.or.id/post/read/87127/definisi-ilmu-dalam-kajian-ushul-fiqih

Rifa'i, A. 2016. Revitalisasi Fungsi Masjid dalam Kehidupan Masyarakat Modern. UNIVERSUM: Jurnal KeIslaman dan Kebudayaan, 10(2).

Template Pedoman Penulisan Journal Al-Khidmat

Downloads

Published

2021-11-08

How to Cite

Nurfauzan, A., Wahidah, A. S. N. ., Syalshabila, B., Salsabila, F. L. ., Nahla, & Badriyah, M. (2021). Menghadirkan Ilmu dan Amal dalam Revitalisasi Musala di Era Modern. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(15), 157–169. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/551

Issue

Section

Articles