Aktualisasi Strategi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dengan Metode Iqro’ guna Meningkatkan Kualitas Pemahaman Al Quran

Authors

  • Asysyifa Aulia Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Irma Rahmawati Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Salwa Tajkiyatun Nisa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Taufik Abdul Kholik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rahmat Taufiq Mustahiq Akbar Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Al-Qur’an, Membaca, Menulis, Metode Iqro’

Abstract

Pengenalan keagamaan kepada anak usia dini sangatlah penting untuk keberlangsungan hidup beragama. Al-Quran menjadi kitab suci  pedoman hidup bagi umat Islam. Dalam mempelajarinya memerlukan pemahaman dan ilmu yang khusus agar isi kandungan dan arti yang ada didalamnya dapat difahami dengan sempurna. Metode iqro’ merupakan salah satu metode yang menjadi rujukan banyaknya Lembaga islam terkhusus madrasah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana aktualisasi strategi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an guna meningkatkan pemahan tentang Al-Quran. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian  ini tertuju pada anak dengan rentan usia lima sampai dua puluh satu tahun, untuk metode pembelajaran yang di gunakan pada penelitian ini menyesuaikan dengan kebutuhan, kemampuan dan usia objek penelitian. Dari penelitian yang dilakukan penulis memperoleh hasil yang baik berupa kenaikan sebesar 64% yakni sebelumnya hanya ada 11 orang yang bisa membaca Al-Qur’an dengan benar berubah menjadi 39 orang dari total anak seluruhnya adalah 44 orang.

References

Budiyanto, Mangun. (2019). Biografi dan pemikiran K.H. As’ad Humam Membaca Al-Qur’an. UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Fatkiyah. (2019). Implementasi Metode Iqro’ Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca dan Aktivitas Pembelajaran Al-Qur’an.Yogyakarta.

Nurkancana, Wayan. (1986). Evaluasi Pendidikan. Suabaya: Usaha Nasional

S.Maharani, Izzati. (2020) Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Anak Usia Dini. Universitas Negeri Padang.

Srijatun. (2017). Implementasi Metode Al-Hidayah dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an. Jurnal Tasqif volume. 15, No. 69-96. ISSN: 2503-4510.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

T.T. Ulfah, M.S. (2019). Assingkily, I.Kamala. Implementasi Metode Iqro’ Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an. UIN Sunan Kali Jaga. Yogyakarta.

William, David. C. (2008). Naturalistic Inquiry Materials. Bandung: FPSIKIP Bandung.

Zulfitria. Arif, Zainal. (2019). Penerapan metode Iqro’ Sebagai Kemampuan Dasar Membaca Al-Quran di TK Hiama Kids. UMJ. Jakarta.

Downloads

Published

2021-11-08

How to Cite

Aulia, A., Rahmawati, I., Nisa, S. T. ., Kholik, T. A. ., & Akbar, R. T. M. . (2021). Aktualisasi Strategi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dengan Metode Iqro’ guna Meningkatkan Kualitas Pemahaman Al Quran . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(15), 134–144. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/549

Issue

Section

Articles