Pendaftaran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Google Maps : Studi Pengabdian di Jongor 1 Desa Sarimahi
Keywords:
UMKM, Google Maps, Kuliah Kerja Nyata, Desa Sarimahi, Digitalisasi UsahaAbstract
Upaya pendaftaran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Google Maps sebagai bagian dari program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Sarimahi, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung bertujuan untuk meningkatkan visibilitas dan aksesibilitas UMKM lokal melalui platform digital. Metode yang digunakan meliputi empat siklus: sosialisasi dan rembug warga, pemetaan dan pengorganisasian, perencanaan partisipatif, serta pelaksanaan program dan evaluasi. Hasil menunjukkan antusiasme pemilik UMKM terhadap inisiatif ini, meskipun terdapat kendala seperti keterbatasan pemahaman teknologi dan proses verifikasi Google Maps. Kegiatan ini berhasil mendaftarkan beberapa UMKM ke Google Maps, termasuk warung nasi, penjual lotek dan rujak, serta penjual jajanan anak. Kesimpulannya, pendaftaran UMKM di Google Maps merupakan langkah strategis dalam meningkatkan potensi ekonomi lokal di era digital, sekaligus menjembatani kesenjangan teknologi yang dihadapi oleh pemilik UMKM di daerah tersebut.
References
, K. R. (2024, Agustus 21). Mata Pencaharian Masyarakay Desa Sarimahi. (M. K. 77, Pewawancara)
Gilangharjo. (2020). Laporan Observasi KKN-PPM Desa Gilangharjo. Bantul: Pemerintah Desa.
Harahap, & Hidayatullah. (2018). Pemanfaatan Google Maps Sebagai Media Promosi UMKM. Jurnal Informatika, 123-134.
Irawan, H. (2019). Perkembangan Teknologi dan Dampaknya pada Pemasaran UMKM. Jakarta: Gramedia.
Kuncoro, M. (2007). Ekonomi Pembangunan: Teori, Masalah, dan Kebijakan. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Kuncoro, M., & Abimanyu, A. (1995). Dampak Deregulasi di Bidang Perdagangan dan Investasi Terhadap Perusahaan Skala Kecil, Sedang dan Besar di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 45-57.
Laia, B. (2022). Sosialisasi Dampak Kegiatan Kuliah Kerja Nyata di Desa (Studi: Desa Sirofi). HAGA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 1 No 2.
Primadewi, & dkk. (2020). Revolusi Industri 4.0: Inovasi dan Strategi UMKM. Yogyakarta: Deepublish.
Purwana, D. (2017). Transformasi Digital dan Dampaknya Pada UMKM di Indonesia. Jakarta: Universitas Indonesia.
Sudaryanto, T., & Hanim, A. (2002). Permasalahan UMKM dan Upaya Peningkatan Kinerja di Indonesia. Jakarta: LIPI.
Syam, A. M. (2022, Juli 10). kompasiana.com. Diambil kembali dari Ilmu Alam dan Tekno: https://www.kompasiana.com/kknpetungsewu0880/62ca4b9551d764706a791224/tingkatkan-ekonomi-masyarakat-mahasiswa-kkn-um-2022-lakukan-pembuatan-titik-lokasi-google-maps-untuk-umkm-di-desa-petung-sewu
Wagino. (2023, Oktober). id.m.wikipedia.org. Diambil kembali dari Sarimahi, Ciparay, Desa di Kabupaten Bandung, Jawa Barat: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Sarimahi,_Ciparay,_Bandung
Wardhana, D. (2018). Pengaruh Strategi Digital Marketing Terhadap Keunggulan Bersaing UMKM. Jurnal Manajemen dan Pemasaran, 98-105.
Wirda, Herizon, & Putra, R. (2020). Pendampingan UMKM di Masa Pandemi: Upaya Branding dan Pemasaran Melalui Teknologi Informasi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 154-167.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rika Afrianti Putri, Fitra Nurul Madina, Muhammad Bari Al Arifi, Rafi Dhiasyauqi, Kawuryansih Widowati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.