Pengaruh Jumlah Murid yang Berlebihan Terhadap Kualitas Pengajaran Guru di Madrasah Nurul Athfal RW 007 Desa Waluya
Keywords:
Jumlah murid yang berlebihan, kualitas pengajaran, KKN, Desa WaluyaAbstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh jumlah murid yang berlebihan terhadap kualitas pengajaran guru di Madrasah Nurul Athfal, Desa Waluya RW 007, Cicalengka. Kelebihan jumlah murid di kelas sering kali menjadi tantangan besar bagi guru dalam memberikan perhatian individual kepada setiap siswa, yang pada akhirnya mempengaruhi efektivitas proses belajar-mengajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan tindakan lapangan untuk mendapatkan gambaran nyata tentang kondisi di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah murid yang berlebihan tidak hanya berdampak pada kualitas interaksi antara guru dan siswa, tetapi juga pada manajemen kelas, fasilitas pendidikan, dan hasil belajar siswa secara keseluruhan. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan solusi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas pengajaran di tengah keterbatasan sumber daya.
References
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. 15th ed. Jakarta: RINEKA CIPTA, 2013.
Meilani. “Pengaruh Interaksi Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Klaten Tahun Ajaran 2014-2015.” Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015. https://eprints.ums.ac.id/40423/.
Rosyada, Amrina, Edi Harapan, and Rohana. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Kualitas Pembelajaran Sekolah Menengah Atas Di Kota Sekayu, Sumatera Selatan.” Jurnal Manajemen Pendidikan 3, no. 1 (2021): 31–42. https://journal.uny.ac.id/index.php/jmp/article/download/38295/15630.
Tampubolon, Saur. Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik Dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga, 2014.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahdan Alfarisy Ibrahim, Anindya Rafa Kayla, Cucu Supriyani, Susanti Ainul Fitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.