Edukasi Pencegahan Covid-19 dan Pembuatan Handsanitizer dengan Bahan Alami di Desa Tanjung Anom Kabupaten Tangerang

Authors

  • Nawang Seruni Katrien Hanifah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Maemunah Indah Sari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Virania Nurlatifah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ahmad Hifni UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Bahrudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Covid-19, Edukasi, Kesehatan, Masyarakat, Pemberdayaan

Abstract

Covid-19 hingga kini masih menjadi ancaman serius bagi kesehatan masyarakat Indonesia. Banyak warga yang kurang memperhatikan protokol kesehatan ketika sedang berada di luar rumah, terutama anak-anak. Banyak anak-anak yang belum mengetahui cara mencuci tangan yang benar dan tidak memakai masker ketika pergi untuk bimbel. Oleh karena itu, edukasi tentang pembiasaan melakukan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 menjadi sangat penting dan juga sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19. Tujuan dari edukasi tentang cara mencuci tangan, memakai masker, dan membuat hand sanitizer adalah agar masyarakat dan anak-anak sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan serta memudahkan masyarakat dalam memperoleh hand sanitizer. Kegiatan ini memberikan dampak positif bagi masyarakat dan juga mendapatkan respon yang baik dari masyarakat berupa pengetahuan baru. Pada hal ini telah dilakukan pengamatan untuk mengetahui program apa yang bisa kami berdayakan di tempat tersebut. Setelah pengamatan dilakukan edukasi dan demonstrasi lalu dilakukan pula inovasi serta pembuatan poster kesehatan.

References

Almasyhuri, & Sundari, D. (2019). Uji Aktivitas Antiseptik Ekstrak Etanol Daun Sirih (Piper betle Linn.) dalam Obat Kumur terhadap Staphylococcus aureus secara in Vitro. Jurnal Kefarmasian Indonesia, 9(1), 16.

Ambarsari, Rika Yuni dan Luncana Faidhoh Sasmito. 2021. Edukasi Pencegahan Penularan Virus Corona Kepada AnakAnak Dengan Gerakan 3M. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol.2 No. 1.

Anna. 2012. Efektivitas Jeruk Nipis (Citrus Aurantifolia Swingle) Sebagai Zat Antiseptik Pada Cuci Tangan. JKK, Vol 5(2): 55-65.

Hapsari, D. N., Hendrarini, L., & Muryani, S. 2015. Manfaat Ekstrak Daun Sirih (Piper betle Linn) Sebagai Hand Sanitizer Untuk Menurunkan Angka Kuman Tangan. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 7(2), 79-84.

Sari, R., & Isadiartuti, D. 2006. Studi efektivitas sediaan gel antiseptik tangan ekstrak daun sirih (Piper betle Linn.). Majalah Farmasi Indonesia, 17(4), 163-169.

Yang, P., Liu, P., Li, D., & Zhao, D. 2020. Corona Virus Disease 2019, a growing threat to children. Journal of Infection. 80(6), 671–693. https://doi.org/10.1016/j.jinf.2020.02.02.

Yunus, S., Suadi, & Fadli. (2017). Model Pemberdayaan Masyarakat Terpadu. Banda Aceh: Bandar Publishing.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Katrien Hanifah, N. S. ., Indah Sari, . M. ., Nurlatifah, V. ., Hifni, A. ., & Bahrudin. (2021). Edukasi Pencegahan Covid-19 dan Pembuatan Handsanitizer dengan Bahan Alami di Desa Tanjung Anom Kabupaten Tangerang. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(28), 131–148. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/536

Issue

Section

Articles