Strategi Pemberdayaan UMKM melalui Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Jangkauan Pasar bagi Pelaku Usaha di Desa Cikancung

Authors

  • Dessylva Maharany Santosa UIN Bandung
  • Fikri Fadilah
  • Nadira Najah Saifunniam
  • Rapi Adriyansah

Keywords:

Pemberdayaan UMKM, Pemasaran Digital, KKN, Desa Cikancung

Abstract

Digitalisasi merupakan transformasi penggunaan teknologi digital dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia bisnis. Dalam era yang semakin terhubung secara global ini, digitalisasi telah menjadi kunci untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing, terutama bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Artikel ini membahas strategi pemberdayaan UMKM di Desa Cikancung melalui pemanfaatan pemasaran digital untuk meningkatkan jangkauan pasar. Pengabdian ini dilaksanakan dalam rangka mendukung pelaku usaha mikro untuk lebih berdaya saing di era digital. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif interaktif dan pengumpulan data awal menggunakan observasi lapangan, kemudian melibatkan pelatihan pemasaran digital, pendampingan dalam pembuatan konten pemasaran, serta optimalisasi media sosial. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman pelaku usaha mengenai pentingnya pemasaran digital dan pertumbuhan jangkauan pasar.

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bandung (2023) Diakses 12 September 2024, https://bandungkab.bps.go.id/id/publication/2023/09/26/77ff3b3679f4e7de1f4a509b/kecamatan-cikancung-dalam-angka-2023.html

Dian Azmi Fadhilah & Tami Pratiwi. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing (Studi Kasus pada Kelompok Usaha “Kremes Ubi” di Desa Cibunar, Kecamatan Rancakalong, Sumedang). Jurnal Ilmiah Manajemen, 12 Nomor 1, 20-21.

Micki Watulandi Wely Hadigunawan, Rahma Dwi Agustina, Tina Agustina. (2023). Pengenalan Digital Marketing guna Mengembangkan UMKM untuk Menghadapi Pasar Global di Desa Cibingbin Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Abdimas Siliwangi, Vol 6 (2), 344-351.

Stephanny Lianardo. (2022). Pendampingan Digital Marketing Untuk Pemberdayaan UMKM. Jurnal Of Servite, Volume 4 No 2, 107-109.

Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi pada UMKM di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor . Sawala: Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat, Vol. 1, No. 2, 36-50.

Tasyakurina, N. B., et al. (2024). Kolaborasi Pemberdayaan dan Pendampingan UMKM Desa: Pemanfaatan Platform Digital terhadap Kemandirian Ekonomi Masyarakat UMKM Desa Klagen. Jurnal Hasil Karya Pengabdian Masyarakat, 10-26.

Downloads

Published

2024-12-08

How to Cite

Santosa, D. M., Fikri Fadilah, Nadira Najah Saifunniam, & Rapi Adriyansah. (2024). Strategi Pemberdayaan UMKM melalui Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Jangkauan Pasar bagi Pelaku Usaha di Desa Cikancung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(4), 1–16. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5337

Issue

Section

Articles