Pemberdayaan Guru dan Pemenuhan Kebutuhan Belajar Anak Usia Dini dengan Metode Fun Learning

Authors

  • Muhammad Asep Ridwan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Farhan Fadlan Firdaus UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mohamad Rinaldi Nugroho UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Egi Ayu Lestari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dadan Anugrah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pemberdayaan Guru, Fun Learning, Pembelajaran

Abstract

Guru Paud Mawar Dampit masih menggunakan metode pembelajaran tradisional, siswa kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran di kelas, sebagian besar siswa hanya mendengarkan guru, tetapi sebenarnya siswa tidak memahaminya. Pemberdayaan guru adalah interaksi dimana guru menjadi siap untuk terlibat, berbagi, dan mempengaruhi yang pada akhirnya akan secara tegas mempengaruhi kehidupan mereka. Pembelajaran yang inovatif, layak, dan menyenangkan adalah pembelajaran yang dibutuhkan anak-anak saat ini. Istilah ini dikenal sebagai fun learning, di mana pembelajaran yang menyenangkan pada saat ini merupakan satu landasan dalam membuat pembelajaran untuk semua pendidikan berjenjang baik yang bersifat umum maupun bersifat khusus. Tujuan dari KKN-DR yang dilaksanakan di Dusun Dampit, Desa Cijambe, Kecamatan Cijambe, Kabupaten Subang adalah untuk memberdayakan pendidik dan memenuhi kebutuhan anak usia dini dengan metode FL. Metode pengabdian yang digunakan adalah metode pemberdayaan dan partisipatif pada kelompok masyarakat yang menjadi sasaran. Metode FL yang dilakukan oleh anggota KKN membuahkan hasil positif dan mempengaruhi pembelajaran anak usia dini di Dusun Dampit.

References

Anwar, Ilham. 2010. Pengembangan Modul Pembelajaran. Modul Kuliah Online. Direktori UPI: Bandung.

Asmani, J.M. 2014. Tujuh Tips Aplikasi PAKEM. Jogjakarta: DIVA Press.

Devi, V. C., Muncarno, M., & Yulina, H. 2019. Pengaruh Ice Breaker Jenis Games terhadap Hasil Belajar Tematik. Jurnal Pedagogi.1(3)90-105.

Hidayah, Isti. & Latiana, Lita. & Soesilowati, Etty. 2016. Pemberdayaan Guru Paud pada Pembelajaran Matematis Upaya Pengembangan Pengetahuan Anak Paud di Kabupaten Brebes. Rekayasa, 14 (2), 127- 134.

Isnaini, Dwi Indri. 2019. Pengaruh Buku Belajar Menyenangkan Terhadap Perkembangan Peserta Didik. Buah Hati, 6 (2), 98-104.

Layyinah, Leni. 2017. Mewujudkan Pembelajaran FL Berbasis Scientific Approach dalam Pembentukan Karakter Siswa dalam Pembelajaran PAI.Jurnal Tarbawy. Vol 4, Nomor 1, Hal: 1-9.

Mohammad Jauhar. 2011. Penerapan PAIKEM dari Behavioristik hingga Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi

Pustaka Raya Ramadhan, Satria Fajar. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran LKS Edukatif untuk Peserta Didik Kelas-B TK Negeri Pembina Prigen. Jurnal Pend. Seni Rupa. Volume 2, Nomor 3, Hal: 127-133.

Uno, Hamzah B. dan N. Mohamad. 2011. Pembelajaran dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahid, Abdul. 2018. Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Istiqra’. Volume V, Nomor 2, Hal:1-11.

Wahyuni, T. 2019. Pengaruh Pemberian Ice Breaker Dan Reward Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Mi Plus Al-Huda Jeruk Selopuro Blitar. Tulungagung: IAIN Tulungagung.

Widodo, W. & Sriyono, Heru. 2020. Teknik Pemberdayaan Pendidik Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7 (1), 7- 12.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Asep Ridwan, M. ., Fadlan Firdaus, F. ., Rinaldi Nugroho , M. ., Ayu Lestari, E. ., & Anugrah, D. . (2021). Pemberdayaan Guru dan Pemenuhan Kebutuhan Belajar Anak Usia Dini dengan Metode Fun Learning. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(28), 80–100. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/533

Issue

Section

Articles