Pengolahan Sampah Menjadi Pupuk Bokashi Berbasis Masyarakat di Bojong Kacor

Authors

  • Ismi Ayu Wulandari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Assyifa Junitasari UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pengabdian, Sampah Organik, Pupuk Bokashi

Abstract

Pengabdian dan pemberdayaan berbasis masyarakat beragam bentuknya. Salah satunya adalah sosialisasi membuat suatu produk dengan cara mengolah limbah organik yang ada di sekitar kita. Diangkat dari permasalahan sampah yang selalu menumpuk di daerah tempat tinggal, keresahan ini dapat mendatangkan berbagai ancaman penyakit yang timbul jika dibiarkan secara terus-menerus. Salah satu solusinya dengan pengelolaan sampah yang baik dan benar, bisa dengan memisahkan sampah organik dan non-organik. Pengolahan sampah organik dapat dimanfaatkan kembali dan diolah menjadi pupuk atau kompos. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pemahaman masyarakat tentang pengolahan sampah organik yang dapat dimanfaatkan menjadi pupuk tanaman. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kuantitatif dengan instrumen berupa angket yang terdiri dari skala likert lima opsi. Pengambilan sampel secara acak sederhana, kemudian penelitian ini menggunakan dengan teknik analisis data. Dari hasil angket didapatkan pertambahan pemahaman warga terhadap pengolahan sampah organik yang telah dipraktikkan. Pemahaman sebelum kegiatan diperoleh nilai rata-rata sebesar 56,8 dan setelahnya meningkat menjadi 75,2. Berdasarkan hasil angket didapatkan data bahwa sebelum dan sesudah kegiatan sosialisasi pengolahan sampah organik menjadi pupuk terdapat perubahan pemahaman dengan adanya praktik secara langsung. Dalam hal ini, program pengolahan sampah organik dalam jangka panjang bisa dijadikan bahan pertimbangan dan dapat ditindaklanjuti oleh pihak yang bersangkutan.

References

Erwin Saputra, A. d. (2017). Kualitas Pupuk Organik Cair (Biourin) yang Difermentasi dengan Penambahan Starter EM4 . Repository Universitas Jambi, Vol. 1 No. 1 Hal. 1-11.

Harun, H. (2017). Gambaran Pengetahuan dan Perilaku Masyarakat Dalam Proses Pemilahan Sampah Rumah Tangga di Desa Hegarmanah. Dharmakarya : Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, Vol. 6 No. 2 Hal. 86-88.

Iin Baroroh Ma'arif, M. F. (2020). Workshop Pembuatan POC (Pupuk Organik Cair) Pada Kelompok Tani Desa Mojokambang Kabupaten Jombang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Pertanian, Vol. 1 No. 1 Hal. 9-13.

Karim, I. F. (2020). Pelatihan Peningkatan Produksi Buah Naga Dengan Perbaikan Mutu Bibit dan Pupuk Organik Swakelola di Desa Sei Sijenggi Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai Sumatera Utara . Rambideun Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , Vol. 1 No. 1 Hal. 1-5.

Lia Cundari, S. A. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Pengolahan Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos di Desa Burai . Jurnal Teknik Kimia, Vol. 25 No. 1 Hal. 5-12.

Mardwita. (2019). Pembuatan Kompos Dari Sampah Organik Menjadi Pupuk Cair dan Pupuk Padat Menggunakan Komposter. Suluh Abdi : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 1 No. 2 Hal. 80-83.

Marjenah, W. K. (2017). Pemanfaatan Limbah Kulit Buah-Buahan Sebagai Bahan Baku Pembuatan Pupuk Organik Cair. Jurnal Hutan Tropis, Vol. 1 No. 2 Hal. 120-127.

Maulana. (2002). Memahami Hakikat Variabel dan Instrumen Penelitian Pendidikan dengan Benar. Bandung: Penerbit Leran2Live.

Nyoman Sri Widari, A. R. (2020). Optimalisasi Pemakaian Starter EM4 dan Lamanya Fermentasi Pada Pembuatan Pupuk Organik Berbahan Limbah Cair Industri Tahu. Jurnal Teknik Kimia, Vol. 15 No. 1 Hal. 1-7.

Sio, M. L. (2019). Pengaruh Lama Fermentasi Terhadap Kualitas Pupuk Bokashi Padat Kotoran Sapi. Journal of Animal Science, Vol. 4 No. 1 Hal. 12-14.

Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan . Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Widikusyanto, M. J. (2015). Membuat Kompos Dengan Metode Takakura . Research Gate, Hal. 1-5.

Wijaya, P. P. (2019). Perbedaan Kualitas Kompos Limbah Ampas Kopi Dengan Penambahan Bioaktivator EM4 dan Mikroorganisme Lokal (MOL) Nasi Basi . Denpasar: Politeknik Kesehatan Kemenkes Denpasar .

Yenie, I. Z. (2021). Penerapan Teknologi Windrow Composting Bagi Masyarakat Sekitar TPA Muara Fajar Pekanbaru. Dharmakarya : Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, Vol. 10 No. 2 Hal. 174-177.

Yuli Yetri, I. N. (2018). Produksi Pupuk Kompos dari Sampah Rumah Tangga. Jurnal Katalisator, Vol. 3 No. 2 Hal. 77-81.

Downloads

Published

2021-11-06

How to Cite

Wulandari, I. A. ., & Junitasari, A. . (2021). Pengolahan Sampah Menjadi Pupuk Bokashi Berbasis Masyarakat di Bojong Kacor . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(36), 95–107. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/532

Issue

Section

Articles